Menu

Mode Gelap
 

Nasional ยท 2 Feb 2024 14:04 WIB

Pemkab Simalungun Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan PT PLN


 Pemkab Simalungun Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan PT PLN Perbesar

ANEWS-Chanel.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT PLN Persero UP3 (Unit Pelaksana Pelayan Pelanggan) Pematangsiantar.

Kesepakatan bersama itu ditandatangani langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan Menejer PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Utara UP3 Pematangsiantar Hasudungan Siahaan, di Kantor PT PLN UP3 Pematangsiantar, Jum’at (2/2/2024).

Kesepakatan bersama tersebut terkait pemungutan dan penyetoran pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik dan pembayaran rekening listrik pemerintah Daerah kabupaten Simalungun serta pengelolaan penerangan jalan umum di kabupaten Simalungun.

Baca Berita :ย Kapolres Simalungun Lakukan Sidak Mendadak di Call Center 110 untuk Penguatan Sistem Pembinaan Internal

Menejer PT PLN Persero UP3 Pematangsiantar Hasudungan Siahaan menjelaskan, ada 261.247 ribu pelanggan di Simalungun dan ada ULP (Unit Layanan Pelanggan) yang di bagi menjadi 6 wilayah di Kabupaten Simalungun.

Hasudungan menyampaikan, MoU pertama antara Pemkab Simalungun dengan UP3 Pematangsiantar dengan tujuan untuk menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah kabupaten Simalungun yang berasal dari PBJT atas tenaga listrik setiap bulan rata rata diangka Rp 3 Miliar.

Selain itu, Hasudungan mengatakan, untuk menjamin pelunasan rekening listrik pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun, untuk pengawasan dan penertiban PJU tidak resmi serta untuk meningkatkan efisiensi pembayaran rekening listrik Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui meterisasi PJU.

Sementara itu, Bupati Simalungun menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat menyambut baik atas MoU ini. “Penandatangan kesepakatan ini, tentunya membawa dampak positif untuk UP3 Pematang Siantar dan juga Pemkab Simalungun,”kata Bupati.

Disampaikan Bupati, dengan disahkannya UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah Daerah, maka pajak penerangan jalan (PPJ) berubah menjadi pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) atas tenaga listrik

“Penerimaan PBJT atas tenaga listrik nantinya akan digunakan untuk memperhatikan infrastruktur terutama untuk penanganan lampu penerangan jalan umum (LPJU),”kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, pemungutan dan penyetoran PBJT atas tenaga listrik dan pembayaran rekening listrik Pemkab Simalungun serta pengelolaan penerangan jalan umum di Kabupaten Simalungun diharapkan sebagai salah satu penyumbang pendapatan bagi Kabupaten Simalungun

“Kita juga berharap, adanya MoU ini bisa membangkitkan gairah ekonomi di Kabupaten Simalungun dan juga peningkatan Pariwisata di kabupaten Simalungun,”harap Bupati. (A01)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pemkab Simalungun Raih WTP LHP Atas LKPD Tahun 2023 oleh BPK RI

28 Mei 2024 - 20:44 WIB

Keuskupan Denpasar Apresiasi Polri Berhasil Amankan World Water Forum

22 Mei 2024 - 23:56 WIB

IPW Sebut Langkah Polri Sudah Tepat di Kasus Vina, Masyarakat Jangan Termakan Hoaks

22 Mei 2024 - 19:21 WIB

JMSI Sumut Gelar Diskusi Media Siber, Bahas Peran Media Menjaga Keamanan Sumut Jelang Pilkada

22 Mei 2024 - 18:58 WIB

JMSI Siap Dukung Polda Sumut Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak 2024

22 Mei 2024 - 09:36 WIB

Dalam rangka peningkatan implementasi SAKIP, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Dialog Kinerja dengan Kemenpan RB.

15 Mei 2024 - 13:39 WIB

Trending di Nasional