Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi Β· 7 Jan 2024 09:52 WIB

Pembangunan Jalan di Nanio Paradise Nisel, Dongkrak Perekonomian Warga Sekitar


 Pembangunan Jalan di Nanio Paradise Nisel, Dongkrak Perekonomian Warga Sekitar Perbesar

TELUKDALAM, Nisel, anews-chanel.com : Pembangunan pembukaan badan jalan di Nanio Padadise berlokasi dikawasan Desa Sondregeasi Kecamatan Luahagunde Maniamolo, berdampak positif pada peningkatan perekonomian warga sekitar, Sabtu (6/1/2024).

Kepala Desa Sondregeasi, Perhatian Ge’e, SE, menjelaskan kepada wartawan, Sabtu (6/1) terkait pembangunan Nanio Paradise yang berlokasi di wilayah desanya. SejakΒ  pembukaan jalan di Nanio Paradise dampaknya sangat positif dirasakan oleh warga desanya dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA :Β Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Resmikan Kantor Camat Bandar

Upaya menjawab kebutuhan masyarakat yang mayoritas hidup sebagai petani,seperti menanam daun ubi jalar dan kebun kelapa. Mulai dibangun akses jalan di Nanio
sangat dirasakan manfaatnya oleh warga untuk mengangkut hasil perkebunan seperti kelapa, disamping lahan tidur yang selama ini tidak tersentuh menjadi lahan produktif bagi masyarakat sejakΒ  dibangun pembukaan jalan Nanio mulai Tahun 2020.

Disamping itu, Kades Perhatian Ge’e kemukakan dampak positif pembukaan badan jalan di Nanio Paradise yang dirasakan oleh warga sekitar, Nanio juga memiliki keindahan pantai yang sangat bagus, sekitar 3,5 Km panjang terbentang hamparan pasir.

Sementara tokoh masyarakat, Amori Zohahau Wau alias Ama Wansari kepada Waspada, menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Nias Selatan, atas pembangunan jalan tersebut berdampak langsung ke perekonomian masyarakat Menurutnya, masyarakat membutuhkan infrastruktur jalan untuk pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan disamping Nanio memiliki panorama pantai yang cukup indah, ujar Amori Wau.

Dengan adanya akses jalan yangΒ  bagus usaha tani dan pengangkutan hasil pertanian juga perkebunan warga tidak terkendala lagi,

Selain itu juga setiap kegiatan pembangunan di Nanio, banyak menyerap tenaga kerja yang berasal dari warga Desa Sondregeasi, Hiliamaetaniha dan warga desa sekitar,” pungkas Amori.

Ditempat terpisah, salah seorang petani ubi jalar dilokasi Nanio,Β  bersatus janda yang mau namanya disebut kepada media ini menyampaikan, sejak lahan ini dibuka dan akses jalan dibangun, saya benar-benar merasakan dampaknya, pesanan daun ubi jalar untuk makanan ternak meningkat tajam.

BACA JUGA :Β Kapolres Simalungun Hadiri Marharoan Bolon dan Peresmian Kantor Camat Bandar, Refleksi Nilai Persatuan Gotong Royong

Benar, sejak akses jalan ini dibuka pesanan daun ubi jalar meningkat, sebelumnya hasil penjualan daun ubi jalan hanya pas-pasan tetapi sekarang tiap minggunya saya dapat ratusan hingga jutaan rupiah, ungkapnya.

Warga sekitar berharap agar pembangunan Nanio dapat berlanjut, dan akses jalan yang telah ditimbun dapat diaspal (Ikhtiar Wau)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PTPN IV Unit Kebun Balimbingan Terus Melakukan Pengawasan Di Lokasi Lahan TU Afdeling II, Yang Dikerjakan Vendor

16 Mei 2024 - 13:59 WIB

Kembangkan Ekonomi Masyarakat, Pangulu Buntu Turunan Gandeng Perbankan

14 Mei 2024 - 14:31 WIB

Menjaga Kebersihan Lingkungan Safrizal Butar-Butar Pangulu Tanjung Pasir Kembangkan Potensi Desa.

14 Mei 2024 - 09:10 WIB

PTPN IV Regional II Unit Kebun Tonduhan Tanam Perdana Tahun 2024.

26 April 2024 - 21:54 WIB

Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga: “Kontribusi Perempuan Semakin Diperlukan”

5 April 2024 - 13:46 WIB

Gawat, !!!. Anggaran 11 Milyar, Pengerjaan Proyek Tembok Drenase Desa Kong Hingga Kedah Kurang Volume Diduga Tak Sesuai RAB.

29 Maret 2024 - 19:30 WIB

Trending di Ekonomi