Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan Β· 10 Agu 2023 10:06 WIB

Bunda PAUD Kabupaten Simalungun Buka Secara Resmi Sosialisasi Transisi PAUD ke SD.


 Bunda PAUD Kabupaten Simalungun Buka Secara Resmi Sosialisasi Transisi PAUD ke SD. Perbesar

ANEWS Chanel

SIMALUNGUN _ Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga secara resmi membuka Sosialisasi Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang bertemakan “Kelas Awal Yang Menyenangkan”, berlangsung di Kota Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Kamis (10/8/2023).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa, pada masa awal tahun ajaran baru tenaga pendidik kelas 1 dan kelas 2 di haruskan membangun 6 aspek kemampuan fondasi kepada peserta didik.

Ke – 6 aspek kemampuan pondasi itu adalah nilai agama dan budi pekerti, sosial dan bahasa, kematangan emosi, pemahaman belajar positif, motorik dan perawatan diri serta kematangan kognitif.

Memurut Ratnawati, sosialisasi ini merupakan salah satu langkah untuk bersama-sama memahami dan satu tujuan dalam mewujudkan masa-masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Bunda PAUD mengajak seluruh elemen masyarakat agar mendukung sesuai dengan bidang kerja masing-masing, terutama bagi Forum Komunikasi PAUD-SD, supaya saling bersinergi dan bekerja lebih keras sesuai dengan tugas dan fungsi nya.

Disamping itu, Bunda PAUD juga menyatakan kesiapannya demi terwujudnya generasi penerus yang berkualitas.

“Saya siap menjadi Garda terdepan untuk memajukan kualitas pendidikan di Kabupaten Simalungun khususnya Pendidikan Anak Usia Dini sampai ke masa transisi memasuki Sekolah Dasar dengan suasana yang menyenangkan demi menciptakan bibit-bibit generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,”kata Ratnawati.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Simalungun, Sudiahman Saragih dalam laporannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini dikhususkan bagi para Guru kelas 1 dan 2 SD Negeri, Guru PAUD, Penilik, Koordinator Wilayah (Korwil), dan Pengawas se-kabupaten Simalungun.

Sudiahman mengatakan, kegiatan ini diharapkan agar guru mampu menerapkan pembelajaran yang dapat membangun pondasi anak, diantaranya mengenalkan Pancasila dan Budi pekerti serta kematangan emosi.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah sebagai Proses Pembelajaran anak usia dini khususnya di kelas awal-awal pembelajaran dapat menyenangkan sehingga anak menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Kegiatan sosilisasi ini berlangsung selama tiga hari (10-12 Agustus 2023)Β  di Danau Toba Internasional Cottages Parapat, menghadirkan narasumber dari Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Teknologi dan Riset, dan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Utara, serta dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sumatera Utara.

Kepada para narasumber, Bunda PAUDΒ Β  memberikan cindera mata berupa souvenir khas Simalungun (Stola) yang bertuliskan Habonaron Do Bona, dan Bubuk Jahe Merah yang merupakan produk UMKM Binaan TP PKK Kabupaten Simalungun. (A01)

 

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pelepasan Kelas XI Mts Negeri 3 Simalungun Diwarnai Penuh Haru

9 Mei 2024 - 15:11 WIB

Inilah Juara Tingkat Dapil 5, Lomba Tortor dan Senam Lansia Yang Lolos Ke Tingkat Kabupaten.

8 Mei 2024 - 17:44 WIB

Paska Idul Fitri Ada Istilah Lebaran Ketupat, Berikut Sejarahnya

15 April 2024 - 19:20 WIB

SISWA MAN SIBOLGA IKUTI KSM 2024 KEMENAG SUMUT

30 Maret 2024 - 11:50 WIB

Dalam Menyukseskan Program IVA Test Camat Hatonduhan Ajak Seluruh Masyarakat Melakukan Pemeriksaan Di Puskesmas

14 Maret 2024 - 14:33 WIB

PTPN IV Kebun Tonduhan Bekerja Sama dengan Puskesmas Hatonduhan Menyelenggarakan Sosialisasi Makan Sehat Untuk Batita Di Sekitar Unit Usaha.

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Trending di Pendidikan