Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 17 Agu 2023 11:03 WIB

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 78 Di Kecamatan Hatonduhan.


 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 78 Di Kecamatan Hatonduhan. Perbesar

HATONDUHAN _ Pemerintah Kecamatan memusatkan perayaan HUT RI ke 78 dilapangkan Bola Kaki Afdeling II Unit Kebun Tonduhan, Pada Kamis (17/08/2023).

Ribuan masyarakat tumpah ruah dilapangkan Bola Kali emplasemen Kebun Tonduhan.

Acara diawali dengan upacara pengibaran bendera oleh pasukan paskibra, dibawah bimbingan Babinsa Sertu TA Napitupulu yang juga bertindak sebagai komandan upacara.

BACA JUGA :Β Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Bupati Simalungun: “Mari Bersama-sama, Bergotong royong Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”

Camat Hatonduhan Riyan Pakpahan bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Bonauli Rajagukguk Anggota DPRD Simalungun sebagai pembaca proklamasi. Iptu M. Matondang dari Polsek Tanah Jawa sebagai Inspektur cadangan di dampingi Kapospol Hatonduhan Aiptu YW Nainggolan, Babinkamtibmas Aiptu RH Sianturi dan beberapa Personil dari Polsek Tanah Jawa turut hadir dilokasi bersama para Babinsa dari Danramil 10 Tanah Jawa.

Tamu kehormatan juag turut hadir, diantaranya Para Pangulu se-Kecamatan Hatonduhan, Menejer Unit Kebun Tonduhan, APK Personalia, Askeb, dan para Asisten. Juga para ASN mulai dari Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, UPTD dan seluruh Perangkat desa, para staf dari kantor Camat Hatonduhan, juga Ketua Ormas dari Pemuda Pancasila Kecamatan Hatonduhan.

Peserta upacara yang hadir dari para ASN, Honorer, sejumlah karyawan untuk Kebun Tonduhan, para siswa dari sekolah SMP dan SD juga seluruh guru-guru juga ribuan masyarakat yang hadir, Upacara pengibaran bendera berlangsung khidmat, begitu juga saat detik-detik pembacaan proklamasi.

Usai Upacara Pengibaran bendera, Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai acara, diantaranya tari-tarian dan lomba pentas seni, lomba nasi tumpeng , tarik tambang, panjat pinang dan berbagi perlombaan lainnya.

Sebelumnya, Panitia Perayaan HUT RI ke 78 Kecamatan Hatonduhan adalah Roberton Nainggolan SE, Pangulu Buntu Turunan sebagai Ketua, Jefra Hasudungan Manurung SH, Sekretaris, dan Kimora Gultom sebagai bendahara, dan dibantu para pegawai dari Kantor Camat Hatonduhan sudah mempersiapkan segala sesuatu yang perlukan dalam acara Perayaan HUT RI ke 78 tersebut.

Diungkapkan, Perayaan HUT RI ke 78 di Kecamatan Hatonduhan tahun ini lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Kata Ketua Panitia.

“Acara puncak pengibaran bendera merah putih dilapangkan Bola Kaki Afdeling II Unit Kebun Tonduhan, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lainnya, dan akan ada gebyar kemerdekaan yaitu panggung hiburan bersama artis ibukota, hal ini kita laksanakan untuk memberikan hal yang positif ditengah masyarakat, bagaimana hari kemerdekaan menjadi hari yang sangat istimewa bagi bangsa kita, Tandas.

Terpisah, Camat Hatonduhan Riyan Pakpahan, pada kesempatan tersebut mengatakan, HUT RI ke 78 kita buat lebih meriah dan berbeda dari tahun sebelumnya, tentunya kita ingin memberikan hiburan yang lebih Kepada Masyarakat, di hari Kemerdekaan ke 78.

Harapan besar kita adalah, Kegiatan ini bisa memberikan memotivasi untuk para pelajar serta anak didik juga masyarakat, bahwa kita kecamatan yang luas dan memiliki potensi yang luar biasa.

Sehingga kita bisa melahirkan generasi yang memiliki kreativitas dan bisa menjadi kebanggaan untuk masyarakat di Kecamatan Hatonduhan.

Hari Kemerdekaan merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa ini, sehingga dengan kegiatan ini, kita bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpi para generasi selanjutnya. Kata Camat.

BACA JUGA :Β Pemkab Simalungun Laksanakan Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Purba.

Di perayaan HUT RI ke 78 kali ini, setidaknya membawa berkah tersendiri bagi para pedagang kecil, dengan adanya perayaan yang besar ribuan masyarakat berkumpul di satu titik, dengan demikian para pedagang kecil kecipratan rejeki dari acara yang gelar oleh Kecamatan Hatonduhan.

Sebut saja Ibu Marni, salah satu pedagang lontong dan gorengan yang berjualan di sekitar lapangan Afdeling II Unit Kebun Tonduhan, Ia nya merasa senang dengan kegiatan ini, sehingga jualan mendapatkan keuntungan lebih, dan ada puluhan pedagang lainnya yang turut berjualan, dan mereka mengaku senang dan bangga dilaksanakan perayaan HUT RI ke 78 yang sangat meriah oleh Camat Hatonduhan, harapan mereka tahun lalu bisa lebih besar lagi. Kata Para Pedagang Kecil. (Aziz).

 

Artikel ini telah dibaca 222 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Buka Rembuk Stunting Tahun 2024, Wakil Bupati Simalungun: “Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Harus Dilakukan Dengan Baik.

28 Mei 2024 - 20:58 WIB

Wakil Ketua DPRD Simalungun Johanes Sipayung, Komitmen Perjuangkan Usulan Warga Nagori Tangga Batu.

28 Mei 2024 - 13:38 WIB

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan 1.239 Anggota PPS se-Kabupaten Simalungun Untuk Pelaksanaan Pilkada 2024.

26 Mei 2024 - 20:19 WIB

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan Pengurus DPD PPNI Kabupaten Simalungun Periode 2023-2028.

25 Mei 2024 - 18:59 WIB

Hadiri Perayaan Akbar Pentakosta, Bupati Simalungun Ajak Jemaat GPdI Bergandengan Tangan Membangun Simalungun.

23 Mei 2024 - 15:48 WIB

51 Orang Pengungsi Rohingya Terdampar di Tanjung Pura-Langkat

22 Mei 2024 - 18:35 WIB

Trending di Daerah