Menu

Mode Gelap
 

Daerah ยท 17 Agu 2023 05:51 WIB

Pemkab Simalungun Laksanakan Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Purba.


 Pemkab Simalungun Laksanakan Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Purba. Perbesar

SIMALUNGUN _ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dipusatkan di Lapangan SMA Negeri 1 Purba, Tiga Runggu Kecamatan Purba, Simalungun, Sumut, Kamis (17/8/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Kapten Inf Bangsawan Harahap (Danramil 16/Panei Tongah), sebagai Perwira Upacara (Pa up) Kapten Inf Binsar Panjaitan (Danramil 12/Saribudolok).

Detik detik proklamasi ditandai dengan sirene dan kembang api, dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, kemudian dilanjutkan dengan hening cipta di pimpin oleh Bupati Simalungun, do’a dipimpin oleh Kakankemenag Simalungun H Ahmad Sofian.

Upacara HUT Ke- 78 Kemerdekaan RI itu juga ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengkibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Simalungun Tahun 2023

Sebagai petugas pembawa baki menerima bendera dari Bupati Simalungun Vhalentina Olivia Karo-Karo, salah seorang siswi

SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok putri dari Jonson Karo-Karo dan ibu Rita Evalina Sembiring.

Sementara itu, petugas penggerek bendera yaitu Rafi Sahputra Saragih (siswa SMA Negeri 1 Siantar), Alif Ramadhan Panjaitan (siswa SMA MAS Al- Barokah Simalungun) dan Sakti Sandi Nathaniel Saragih (siswa SMA Swasta Plus Efarina).

Peserta upacara terdiri dari barisan TNI, Polri, ASN, Sapol PP, Purna Paskibra, Ormas, dan pelajar. Upacara itu juga di ikuti oleh Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi, Danrem 022/PT Brigjen TNI Luqman Arief, Forkopimda, para Pejabat Tinggi Pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun

Selain itu, tampak juga hadir para pimpinan lembaga pemerintah dan swasta, pimpinan Perbankan, BUMN, BUMD, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkara, Persit, Ormas dan OKP serta undangan lainnya.

Berlangsungnya Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Simalungun dibawah rintik-rintik hujan, namun tidak menyurutkan semangat Paskibra dalam melaksanakan tugasnya termasuk peserta upacara tetap bertahan hingga selesai dan berjalan dengan penuh hitmad.

Usai upacara, Bupati Simalungun, Danrem 022/PT dan Forkopimda secara bersama-sama membawakan lagu Indonesia Pusaka. Sebelumnya siswa/i SMA Negeri 1 Purba, Tiga Runggu dengan semangat juga membawakan tiga lagu-lagu perjuangan secara berturut-turut.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan bingkisan tali asih kepada para veteran, dan pejuang kemerdekaan, bantuan alat-alat mesin pertanian kepada kelompok tani, penyerahan penghargaan petani berprestasi, dan pemberian hadiah kepada para pemenang berbagai lomba dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya pemberian remisi kepada 708 warga binaan Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar dan 987 Warga Binaan Lapas Kelas II A Pematangsiantar. Upacara tersebut diakhiri dengan defile peserta upacara. (A01)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan Pengurus DPD PPNI Kabupaten Simalungun Periode 2023-2028.

25 Mei 2024 - 18:59 WIB

Hadiri Perayaan Akbar Pentakosta, Bupati Simalungun Ajak Jemaat GPdI Bergandengan Tangan Membangun Simalungun.

23 Mei 2024 - 15:48 WIB

51 Orang Pengungsi Rohingya Terdampar di Tanjung Pura-Langkat

22 Mei 2024 - 18:35 WIB

Saat Rapat Koordinasi Pangulu Bosar Nauli Terkesan Tendensius (Terlalu Berpihak Ke TPL)

22 Mei 2024 - 15:02 WIB

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Lepas 113 Jemaah Calon Haji Kloter 7 Kabupaten Langkat Ba’da Shubuh

21 Mei 2024 - 11:01 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun

20 Mei 2024 - 14:17 WIB

Trending di Daerah