Menu

Mode Gelap
 

Hukum & Kriminal Β· 13 Mei 2023 00:17 WIB

Dikonfirmasi TBM tidak terawat, Askep minta awak media ajari tata kelola perawatan TBM.


 Dikonfirmasi TBM tidak terawat, Askep minta awak media ajari tata kelola perawatan TBM. Perbesar

Simalungun _ anews-chanel.com

Pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM) adalah untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam dan berproduksi tinggi. Manfaat pemeliharaan TBM mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif tanaman sawit sebagai penunjang pertumbuhan generatif yang berproduksi tinggi.

Namun dalam hal pemeliharaan TBMΒ  di PTPN IV Unit Dolok Sinumbah (Dosin) tepat nya di Afdl IV (empat) Nagori Maligas Bayu Kec. Hutabayu Raja Kab. Simalungun,Β  sepertinya tidak memenuhi SOP yang sudah ditentukan oleh perusahaan, dimana saat awak media turun ke lapangan mendapati banyak tanaman kelapa sawit yang daunnya menguning dan di jalari rumput serta mucuna.

Baca Juga:Β Penerima BLT DD 2023 Di Nagori Tangga Batu, Perlu Dievaluasi Perangkat Desa Dinilai Kurang Selektif.

Terlebih piringan yang semak, menjadikan keadaan tanaman sawit di areal itu membuat sebagian tanaman menjadi kerdil, dan sepertinya penyaluran janjangan kosong ( jangkos) pun belum di lakukan, diduga pihak manajemen unit Dosin bekerja sama dengan vendor TBM untuk menyunat anggaran yang telah di gelontorkan perusahaan plat merah tersebut.

Salah seorang warga sekitar berinisial B yang yang ditemui dilokasi sedang mengarit rumput diareal kelapa sawit TBMΒ  ketika ditanya tentang areal afd IV dirinya membenarkan ” ini afdeling IV bang, ini tepatnya dibelakang kantor afdeling serta menunjukkan kantor, kondisinya memang semak begini, ini belum seberapa bang, coba abang lihat sebelah sana, dekat aliran sungai itu” imbuhnya.

Asisten afdl IV unit Dolok Sinumbah RizalΒ  saat di hubungi melalui panggilan whatshaap untuk konfirmasi tidak terawatnya TBM diareal HGU Asisten tersebut tidak dapat dihubungi, bahkan pesan aplikasi whatsapp juga telah dikirimkan kepada asisten, sepertinya asisten telah memblokir kontak awak media.

Baca Juga :Β Anggaran Perawatan Diduga Masuk Kantong, Ratusan Hektare TBM di Afdel II Balimbingan Terlantar.

Sementara itu Asisten Kepala (Askep) Syahrul Amani saragih saat dikonfirmasi terkait tidak terawatnya Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) di afdeling IV melalui pesan aplikasi whatshaap dengan mengirimkan video TBM yang tidak terawat Askep syahrulΒ  mengatakan kepada awak mediaΒ  ” Berilah saya masukan atas video Bapak. Bagaimana yg seharusnya. Kami butuh juga ide dari Bapak.” Tulisnya dalam konfirmasi whatshaapΒ  yang dikirimkan. Dari jawaban yang disampaikan oleh syahrul dapat disimpulkan bahwa Askep tidak sepenuhnya menguasai tata kelola pekerjaan tanaman perkebunan sawit, sehingga sang askep minta diajarkan terkait tata kelola perawatan perkebunan sawit.

Seharusnya PTPN IV menempatkan para karyawan pimpinan yang benar – benar sudah mengetahui tata cara pengelolaan tanaman perkebunan sawit sehingga mendapatkan hasil yang baik, dan perkebunan sawit milik plat merah tersebut mampu meningkatkan perekonomian negara. (A.S)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sat Reskrim Polres Simalungun dan Labfor Polda Sumut Gelar Olah TKP Penembakan di Warung Kopi Tigarunggu

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Diduga Jadi Sarang Narkoba, Polsek Tanah Jawa Grebek Sebuah Gubuk Hisap Sabu Ditemukan.

28 Mei 2024 - 17:39 WIB

Gerebek Kampung Narkoba, Sat Narkoba Polres Simalungun Amankan Dua Pria Beserta Barang Bukti

24 Mei 2024 - 22:42 WIB

Kasus Penemuan Bayi Terungkap, Sepasang Remaja Ditangkap, Satu Diantaranya Masih Duduk Dibangku Sekolah.

23 Mei 2024 - 15:29 WIB

Sat Narkoba Polres Simalungun Berhasil Mengamankan Pria bersama 1,22 gram Sabu

23 Mei 2024 - 12:58 WIB

Polsek Patumbak Amankan ‘AS’ Pelaku Pencurian Sepeda Motor Sadis…!

22 Mei 2024 - 18:49 WIB

Trending di Hukum & Kriminal