Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 2 Feb 2024 20:50 WIB

BanG RN Hadirkan Disdukcapil Untuk Memfasilitasi Masyarakat Mengurus Adminduk.


 BanG RN Hadirkan Disdukcapil Untuk Memfasilitasi Masyarakat Mengurus Adminduk. Perbesar

SIMALUNGUN _ Keluhan sejumlah masyarakat Nagori Buntu Turunan, terkait kepengurusan Adminduk (Administrasi Kependudukan) di jawab langsung oleh Pangulu Buntu Turunan Roberton Nainggolan SE, atau yang akrab disapa Bang RN dengan menghadirkan Disdukcapil ke kantor Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Pada Jum’at, (02/02/2024)

Mengingat jarak tempuh yang cukup jauh dari Hatonduhan menuju Raya, masyarakat Khususnya Buntu Turunan dan sekitarnya cukup kesulitan mengurus data kependudukan.

Meski e-KTP sapat dicetak di beberapa kantor kecamatan, namun untuk membuat Kartu Keluarga, Akte Lahir dan beberapa urusan lainnya masyarakat harus ke kantor Disdukcapil di Raya.

Untuk mengurangi kesulitan warga dalam mengurus Adminduk ke kantor Disdukcapil di Raya, Pangulu Buntu Turunan mendatangkan Disdukcapil ke Buntu Turunan.

Kehadiran Disdukcapil bersama rombongan ke Buntu Turunan sudah ditunggu ratusan warga sejak pagi.

Sesampainya Di Aula Kantor Pangulu Nagori Buntu Turunan, Disdukcapil yang dampingi Kabid br Girsang disambut Bang RN dan perangkat desanya, kemudian Disdukcapil Simalungun langsung tancap gas menerima aduan masyarakat untuk mengurus Kartu Keluarga, Akte Lahir, Perekaman KTP dan Mencetak e-KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman.

Terpantau, Ratusan warga antusias mengurus Adminduk, kerena memang data kependudukan saat ini begitu dibutuhkan untuk mengurus keperluan administrasi.

Sebagaimana dijelaskan, bahwa Kementerian Dalam Negeri juga telah menerbitkan Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan sebagai pedoman bagi penduduk dan pejabat berwenang melakukan pencatatan untuk memudahkan pelayanan publik.

Melalui adminduk, pemerintah dapat mencatat identitas penduduk, seperti nama, tanggal lahir, alamat, hubungan keluarga, status perkawinan, dan informasi penting lainnya. Dokumen kependudukan, seperti akta kelahiran, akta perkawinan, KTP, dan lain sebagainya, diterbitkan berdasarkan data yang tercatat dalam adminduk.

Tujuan utama adminduk adalah memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum melalui dokumen kependudukan dalam setiap peristiwa kependudukan yang dialami penduduk.

Manfaat dan Pentingnya Adminduk

Adminduk memungkinkan pemerintah menyediakan pelayanan publik yang efektif kepada masyarakat. Data kependudukan yang akurat dan terkini memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan, perencanaan pembangunan, dan alokasi sumber daya yang tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, setiap penduduk memiliki akses terhadap hak-hak mereka, seperti hak kesehatan, hak pendidikan, hak sosial, dan hak-hak lainnya.

Adminduk pun memberikan pengakuan hukum atas identitas individu. Dokumen kependudukan sah dan resmi, seperti KTP, akta kelahiran, dan akta perkawinan, menjadi bukti legalitas berbagai urusan administratif, seperti pembuatan SIM, pembukaan rekening bank, pendaftaran sekolah, pendaftaran pekerjaan, dan hak-hak lainnya.

Adminduk juga berperan penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) yang demokratis. Data kependudukan digunakan untuk menyusun daftar pemilih dan memastikan hak suara setiap warga negara terdaftar dengan benar.

Semua lapisan masyarakat harus menyadari pentingnya dokumen administrasi kependudukan, tidak hanya masyarakat menengah ke bawah, tetapi juga masyarakat menengah ke atas. Kesadaran masyarakat turut memberikan manfaat optimal dalam pencatatan kependudukan. (Aziz)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan.

16 Mei 2024 - 15:24 WIB

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad yang Meninggal di Pemandian Wisata Simalungun.

15 Mei 2024 - 21:30 WIB

Program Ketapang Pemdes Pasar Rawa Berikan Bantuan 6000 Kg Bibit Padi Dan 850 L Pupuk Cair Kepada 11 Poktan

15 Mei 2024 - 16:00 WIB

Pj Bupati Langkat Tekankan Kolaborasi Antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha Guna Mempercepat Pencapaian Target Pembangunan

15 Mei 2024 - 13:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Jalin KerjasamaΒ  dengan Kabupaten Karo danΒ  Dairi.

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Bupati Simalungun Menghadiri Acara Lepas Sambut Danrem 022/PT.

9 Mei 2024 - 13:15 WIB

Trending di Daerah