Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan ยท 6 Apr 2024 20:41 WIB

Puskesmas Buntu Turunan Lakukan Penanganan dan Pencegahan Penyakit TBC Untuk Warga Masyarakat.


 Puskesmas Buntu Turunan Lakukan Penanganan dan Pencegahan Penyakit TBC Untuk Warga Masyarakat. Perbesar

SIMALUNGUN _ Pemerintah Kabupaten Simalungun menindaklanjuti terkait surat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang Pemberitahuan Kegiatan Penemuan Kasus TBC dengan Skrining X-Ray.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun melalui UPT Puskesmas Buntu Turunan melakukan langkah cepat dengan melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat sekaligus melakukan pencegahan dan penangan dasar pada penyakit TBC di wilayah kerja Puskesmas Buntu Turunan.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Aula Kantor Pangulu Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Pada Jum’at (05/04/2024).

Baca Juga :ย Bupati Simalungun Hadiri Acara Buka Puasa Bersama Yang Di Gelar PDAM Tirta Lihou

Terpantau masyarakat cukup antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan terlihat Kapuskesmas Buntu Turunan dr Marisa Terge Nainggolan turun langsung bersama para nakes dan Bindes.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, Masyarakat yang datang diarahkan untuk melakukan pendaftaran di tempat yang sudah dipersiapkan.

Selanjutnya warga diperiksa kesehatannya mulai dari tekanan darah hingga pengecekan gula darah, dr Marisa Terge Nainggolan turut memeriksa warga masyarakat yang hadir di kegiatan tersebut.

Terlihat juga beberapa petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun turut bergabung bersama-sama dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) UPT Puskesmas Buntu Turunan yang di bantu Perangkat Nagori.

Dan saat dikonfirmasi dr Marisa Terge Nainggolan terkait kegiatan tersebut menjelaskan, “Ini merupakan kegiatan Sosialisasi pencegahan dan penangan dasar pada penyakit TBC yang dimana Pemkab Simalungun menindak lanjuti surat instruksi dari kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

“kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, sekalian melakukan pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Buntu Turunan, dan ini merupakan kewajiban kami untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Kegiatan ini ibaratkan mendeteksi awal Pemberitahuan Kegiatan Penemuan Kasus TBC dengan Skrining X-Ray
Foto Toraks dan Pemberian TPT pada Kontak Serumah dan Erat Pasien TBC Tahun 2023 โ€“ 2024, maka dalam upaya untuk mengoptimalkan penemuan kasus TBC dengan cara mendorong peningkatan cakupan Terapi Pencegahan TBC (TPT), melakukan pemeriksaan melalui foto Rontgen dari Dinas Kesehatan. Terang dr Marisa Terge Nainggolan.

Selanjutnya melalui kegiatan tersebut, Pangulu Nagori Buntu Turunan, Roberto Nainggolan, SE menyampaikan dukung lannya, Ia juga berterima kasih pada Dinas Kesehatan Kabupaten melalui UPT Puskesmas Buntu Turunan yang melakukan pelayanan kesehatan secara langsung kepada masyarakatnya, dan meminta untuk terus melakukan upaya pencegahan atau mendeteksi penyakit-penyakit yang dapat menular pada lingkungan masyarakat.

Baca Juga :ย Kapolda Dan Waka Polda Sumut Berkunjung Ke Pondok Persulukan Tuan Guru Batak Syekh Dr Ahmad Sabban Rajagukguk.

Menurutnya, “Kegiatan yang dilakukan UPT Puskesmas Buntu Turunan tersebut, sangat disambut baik oleh seluruh masyarakat, mereka beramai-ramai melakukan pengecekan kesehatan dan menerima pelayanan kesehatan langsung dari nakes yang bertugas dan dimanfaatkan juga untuk pelayanan kesehatan umum. Kata Bang RN.

Sementara itu, Salah satu masyarakat yang hadir, merasa senang pelayanan kesehatan yang langsung dilakukan UPT Puskesmas dan tidak merepotkan lagi, “kami sangat senang Puskesmas langsung menemui masyarakat untuk mengecek kesehatan, sehingga tidak terlalu repot-repot untuk datang ke Puskesmas hari ini, karena sudah langsung ditangani dr Marisa Terge Nainggolan di Harungguan Nagori Buntu Turunan hari ini,” Jelas ibu-ibu yang hadir. (A01)

Editor Redaksi : Aziz

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gerakan Melawan Narkoba Pemerintah Buntu Turunan Diapresiasi Kapala BNN Simalungun.

14 Mei 2024 - 13:12 WIB

Meriahkan HBP Ke-60 Di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Edukasi Kesehatan Dengan Warga Binaan.

23 April 2024 - 11:43 WIB

Targetkan Zero Stunting 2024, UPTD Kecamatan Hatonduhan Rapat Percepatan Cegah Stunting.

19 Maret 2024 - 22:06 WIB

Trending di Kesehatan