Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan ยท 18 Mar 2023 00:36 WIB

Sambut Bulan Ramadhan MTs Negeri 3 Simalungun, Gelar Acara Punggahan dan Berikan Santunan.


 Sambut Bulan Ramadhan MTs Negeri 3 Simalungun, Gelar Acara Punggahan dan  Berikan Santunan. Perbesar

SIMALUNGUN _ Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1444 H, MTs Negeri 3 Simalungun Melaksanakan acara syukuran atau biasa disebut dengan punggahan, Pada Jumat 17 Maret 2023.

Punggahan berasal dari bahasan Jawa yaitu โ€œmunggahโ€ dan dalam arti bahasa Indonesia adalah naik. Acara punggahan dilakukan masyarakat saat menjelang bulan suci Ramadhan untuk mendapatkan kenaikan derajat juga keberkahan. Punggahan dapat juga diartikan sebagai tanda rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Pada pelaksanaan punggahan di laksanakan dilingkungan sekolah MTsN 3 Simalungun, Kegiatan ini diprakarsai oleh anak-anak Pengurus OSIM. Yang melibatkan puluhan anak-anak didik juga para guru pengajar untuk saling bermaafan dan makan bersama.

BACA JUGA :ย Ini Buka Cinta Biasa…..! Bang RN Bersama Istri Salurkan Bantuan.

Kepala MTsN 3 Dedi Kuswendi MM, pada kesempatan tersebut mengatakan, “bahwa punggahan sebagai saranah da’wah mempersatukan umat Islam dalam menyambut bulan suci ramadhan, dan mari kita isi bulan suci ramadhan ini dengan berbagai kegiatan dakwa, seperti sholat tarawih, tadarus, dan ibadah Sunnah lainnya.

“Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam urutan bulan Islam sekaligus menjadi bulan yang paling utama. Di bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh mulai dari terbitnya fajar hingga maghrib.

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang istimewa dan penuh berkah. Allah SWT telah memberikan beberapa keistimewaan dan keutamaan pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya, mari kita isi bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan kebaikan untuk meraih keridhaan Allah SWT, Kata Dedi selaku Kepala Sekolah MTs.

BACA JUGA :ย Tekan Inflasi Jelang Bulan Suci dan Idul Fitri, Pemkab Simalungun Siapkan Rencana Strategis.

Sementara Al-Ustadz Budi Suemdi MPd dalam tausiyahnya menyampaikan, “mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang gembira, kita bersemangat dengan datangnya bulan yang mulia bulan suci ramadhan, karena hanya orang beriman saja yang dipanggil untuk melaksanakan ibadah puasa wajib ramadhan, hal itu disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183.

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู†ูŽ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Rasulullah SAW juga bersabda :

ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุชูŽุงูƒูู…ู’ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŒ ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุตูŽูŠูŽุงู…ูŽู‡ู ูููŠู’ู‡ู ุชููู’ุชูŽุญู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงู†ู ูˆูŽุชูุบู’ู„ูŽู‚ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ุฌุญูŠู…, ูˆูŽ ุชูุบูŽู„ู‘ูŽ ูููŠู’ู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู’ู†ู, ููŽูŠู’ู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŒ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ู† ุฃู„ู ุดู‡ุฑุฏ ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุฏู’

Artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan kebaikannya, maka luputlah semua kebaikannya.” (Muttafaq ‘Alaih).

Ustadz Budi menjelaskan bahwa hadits ini menjadi isyarat bagi umat muslim agar menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan, melaksanakan syiamu ramadhan serta mengisi bulan suci Ramadhan dengan ibadah-ibadah Sunnah lainnya. Jelas Ustadz Budi dihadapan para murid MTs.

BACA JUGA :ย Jelang Bulan Suci Ramadhan, SMP Negeri 2 Tanah Jawa Peringati Isra’ Mi’raj 1444 H.

Selanjutnya acara Punggahan di tutup dengan penyantunan bagi siswa-siswi yang tergolong yatim dan anak kurang mampu, sedikitnya 50 Siswa-siswi mendapatkan santunan, dirangkai dengan makan berjamaah bersama siswa dan para guru, serta staff pegawai MTsN 3 Simalungun. (REF)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pelepasan Kelas XI Mts Negeri 3 Simalungun Diwarnai Penuh Haru

9 Mei 2024 - 15:11 WIB

Inilah Juara Tingkat Dapil 5, Lomba Tortor dan Senam Lansia Yang Lolos Ke Tingkat Kabupaten.

8 Mei 2024 - 17:44 WIB

Paska Idul Fitri Ada Istilah Lebaran Ketupat, Berikut Sejarahnya

15 April 2024 - 19:20 WIB

SISWA MAN SIBOLGA IKUTI KSM 2024 KEMENAG SUMUT

30 Maret 2024 - 11:50 WIB

Dalam Menyukseskan Program IVA Test Camat Hatonduhan Ajak Seluruh Masyarakat Melakukan Pemeriksaan Di Puskesmas

14 Maret 2024 - 14:33 WIB

PTPN IV Kebun Tonduhan Bekerja Sama dengan Puskesmas Hatonduhan Menyelenggarakan Sosialisasi Makan Sehat Untuk Batita Di Sekitar Unit Usaha.

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Trending di Pendidikan