Menu

Mode Gelap
 

Hukum & Kriminal Β· 12 Agu 2023 01:33 WIB

Dilepaskannya 4 dari 5 Orang dari Sat Narkoba Polres Simalungun, Menuai Pertanyaan.


 Dilepaskannya 4 dari 5 Orang dari Sat Narkoba Polres Simalungun, Menuai Pertanyaan. Perbesar

SIMALUNGUN – Pasca dilepaskan empat dari lima orang dari Sat Narkoba Polres Simalungun disesalkan Pangulu Nagori Mariah Hombang, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumut.

“Ido na isesalhon hami daba. Hami na manakkup dohot warga. Hape dang pemberitahuan pembebasan (Itu yang kami sesalkan pula. Kami yang menangkap bersama warga. Ternyata tidak ada pemberitahuan pembebasan),” sesal Pangulu Nagori Mariah Hombang, Kecamatan Hutabayu Raja, Mendra Siregar melalui seluler, Minggu (6/8/2023) sekitar jam 18.36 WIB.

BACA BERITA :Β Melalui Jumat Curhat Kapolres Simalungun Berdiskusi Bersama Masyarakat Untuk Sama-sama Menjaga Hutan dan Lingkungan.

Diketahui, empat dari lima orang yang dibebaskan. Antara lain, R Harianja warga Nagori Tanjung Maraja, D Sitorus bersama A Sitorus dan B Sinaga warga Nagori Pulo Bayu, Kecamatan Hutabayu Raja.

“Molo sahalak nai na ditahan, ima warga ku, Rizal Sibuea (Kalau satu orang lagi yang ditahan, itulah warga ku),” jelas Mendra sembari mengatakan belum mengetahui secara pasti siapa pemilik narkotika jenis sabu dan alat hisap yang menjadi barang bukti.

Selain itu, Pangulu Nagori Tanjung Maraja, Kecamatan Jawa Maraja, Kabupaten Simalungun, Sumut, Marasi Manik diduga berperan pada pelepasan keempat orang tersebut dari Sat Narkoba Polres Simalungun. “Klarifikasi ma si Manik i (Klarifikasi-lah si Manik itu),” sebutnya.

Sebab, Pangulu Nagori Tanjung Maraja, Marasi Manik dituding membonceng dan membawa pulang, R Harianja setelah dilepas dari Sat Narkoba Polres Simalungun di Kecamatan Raya bersama tiga orang lainnya.

“Sahira na anggap enteng do bana. Ibana do mambonceng si Harianja i (Seperti anggap entengnya dia. Dia-nya membonceng si Harianja itu),” ucap Mendra seraya mengungkapkan bahwa, R Harianja sebagai penyanyi dan pemain seruling pada usaha musik yang dikelola BumNag di Nagori Tanjung Maraja.

Sebelumnya, Pangulu Nagori Mariah Hombang, Mendra Siregar bersama personil Polsekta Tanah Jawa dan warga menggerebek, Rizal Sibuea bersama empat rekannya yakni, R Harianja, A Sitorus, D Sitorus dan B Sinaga di perladangan jagung milik warga, Selasa (25/7/2023).

“Dung i, iboan ma tu polsek. Tolu hari i di Polsekta Tanah Jawa. Alai ibebashon opat halak dengan alasan test urine negatif dohot holan alani pengakuan holan si Rizal nappunasa barang (Setelah itu, dibawa-lah mereka ke polsek. Tiga hari di Polsek Tanah Jawa. Tapi dibebaskan empat orang dengan alasan test urine negatif dan hanya karena pengakuan si Rizal pemilik barang),” paparnya.

Sementara, Pangulu Nagori Tanjung Maraja, Marasi Manik ketika dikonfirmasi melalui seluler, Minggu (6/8/2023) sekitar jam 16.08 WIB membenarkan, empat orang telah pulang. “Nunga bos opat (Sudah bos, empat),” ucapnya.

Menurut Marasi, tidak sampai dijamini. Hanya diserahkan kepada pihak keluarga. “Dang menjamini goar nai. Iserahon tu au. Alana dang adong terbukti, negatif do (Tidak menjami namanya itu. Diserahkan kepada ku. Karena tidak ada terbukti, negatif-nya),” jelasnya sembari mengaku tidak ingat berapa orang jumlah yang diserahkan kepadanya.

BACA BERITA :Β Polres Simalungun Kembali Berhasil Meringkus Jaringan Pengedar Narkoba Di Perdagangan.

Terpisah, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung melalui Kasat Narkoba AKP Adi Haryono via pesan singkat, Minggu (6/8/2023) sekitar jam 21.21 WIB menyampaikan,

Malam Pak… Ada limpahan 1 orang tersangka yg memiliki narkotika jenis shabu2 dari polsek tanah jawa dan 4 orang masyarakat yg berada di sekitar lokasi penangkapan untuk diambil keterangannya / di BAP.

Hasil pemeriksaan / BAP dan gelar perkara dgn Polsek Tanah Jawa, *dapat ditetapkan statusnya sebagai TERSANGKA dan dilanjutkan ke proses penyidikan 1 orang atas nama RIZAL EFENDI SIBUEA yg diamankan dgn lengkap BB narkotika dan diterangkan bahwa BB shabu2 tersebut adalah miliknya sendiri.

Untuk 4 orang masyarakat yg berada di sekitar lokasi penangkapan dan tidak ditemukan BB narkotika darinya telah selesai di BAP dan hasil test urine NEGATIF mengandung narkotika* dan telah dikembalikan kepada keluarganya dengan didampingi salah seorang Pangulu. Terima kasih,” balasnya.(Red.A01)

 

Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pengedar Shabu dan Ganja di Dolok Pardamean Diringkus Sat Narkoba Polres SimalungunΒ 

7 Juni 2024 - 13:10 WIB

Menyalagunakan Narkoba, Suami Istri Ditangkap Unit Reskrim Polsek Bangun.

6 Juni 2024 - 16:35 WIB

Pesta Sabu Berhasil Digagalkan Polsek Perdagangan, Dua Pengedar Narkoba Diamankan.

2 Juni 2024 - 18:30 WIB

Pengedar Narkoba Di Bandar Masilam Terciduk Polisi Diareal Perladangan Ubi

1 Juni 2024 - 13:47 WIB

3 Pria Warga Bosar Nauli, Diamankan Unit Reskrim Polsekta Tanah Jawa, Atas Dugaan Penyalahgunaan Narkoba.

30 Mei 2024 - 16:52 WIB

Sat Reskrim Polres Simalungun dan Labfor Polda Sumut Gelar Olah TKP Penembakan di Warung Kopi Tigarunggu

28 Mei 2024 - 23:14 WIB

Trending di Hukum & Kriminal