Menu

Mode Gelap
 

Ekonomi ยท 19 Jul 2023 14:28 WIB

Warga Sorba Lama Mengaku Senang, Bariman Sinaga Kades Tonduhan, Bagun Drainase Untuk Mencegah Banjir Saat Hujan.


 Warga Sorba Lama Mengaku Senang, Bariman Sinaga Kades Tonduhan, Bagun Drainase Untuk Mencegah Banjir Saat Hujan. Perbesar

anews-chanel.com

Dusun 1 Sorba Lama, berbatasan langsung dengan Afdeling II Unit Kebun Tonduhan, posisi dusun tersebut tepat dibawah yang tak jauh dari jurang.

Tak ada pembatas ataupun tanggul diperbatasan antara Dusun 1 Sorba Lama dengan Kebun, sehingga pemukiman warga kerap mengalami banjir saat hujan deras datang.

Luapan air hujan dari kawasan kebun kerap menggenangi halaman rumah warga, hingga beberapa pondasi rumah warga mengalami erupsi dan tergerus.

Hal ini sudah dirasakan sejak lama, bertahun-tahun warga meminta agar dibuatkan pembatas berupa parit hal itu tak terlealisasi, pasalnya belum ada kesepakatan dari warga pemilik lahan perladangan yang harus digali untuk pembuatan drainase.

Berjalannya waktu bahkan lebih dari 5 tahun, barulah ada kesempatan dengan warga pemilik lahan tersebut, sehingga lahannya mendapatkan restu untuk gali guna untuk pembuangan saluran air kebawah jurang.

Setelah ada kesepakatan dengan warga dan pihak PTPN IV, Pemerintah Nagori Tonduhan melaksanakan kegiatan pembuatan drainase untuk mengarahkan air ke jurang saat hujan, agar pemukiman warga dusun 1 tak lagi tergerus.

Hal itu disambut baik oleh warga masyarakat dusun 1 Sorba Lama, Nagori Tonduhan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, harapan mereka selama lima tahun baru bisa direalisasikan oleh pemerintah desa Tonduhan. Pada Rabu (19/07/2023).

Hal itu diungkapkan oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat Dusun 1 Sorba Lama Opung Charles Butar-butar, Ia mewakili warga masyarakat dusun Sorba Lama mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak Pangulu Tonduhan Bariman Sinaga, yang merealisasikan permintaan kami untuk membuat parit buangan air. Ucapnya.

Opung Charles bercerita, saat hujan halaman rumah kami dipenuhi air, sehingga kami memasang tanggul – tanggul dibeberapa titik agar pondasi rumah kami tak terus menerus tergerus air saat hujan tiba, kami bersyukur Pangulu sudah membuat saluran air, mudah-mudahan dengan adanya drainase itu, air hujan dari lahan perkebunan tak lagi meluap ke rumah kami, Tandasnya.

Penjelasan opung Charles dibenarkan oleh Ketua LPM Nagori Tonduhan Dohar Tambun, Permintaan pembangunan parit ini sudah lama dimohonkan warga dusun 1 Sorba Lama, dan baru tahun ini bisa direalisasikan oleh Pangulu, karena baru tahun ini ada kesepakatan dari pemilik lahan, kami juga berharap bangunan ini bisa mengurangi derasnya air dari lahan perkebunan saat hujan deras tiba. Jelasnya. (SW).

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

40 KPM Warga Nagori Bah Joga Terima BLT Gelombang 1 Tahun 2024.

22 Mei 2024 - 16:53 WIB

PTPN IV Unit Kebun Balimbingan Terus Melakukan Pengawasan Di Lokasi Lahan TU Afdeling II, Yang Dikerjakan Vendor

16 Mei 2024 - 13:59 WIB

Kembangkan Ekonomi Masyarakat, Pangulu Buntu Turunan Gandeng Perbankan

14 Mei 2024 - 14:31 WIB

Menjaga Kebersihan Lingkungan Safrizal Butar-Butar Pangulu Tanjung Pasir Kembangkan Potensi Desa.

14 Mei 2024 - 09:10 WIB

PTPN IV Regional II Unit Kebun Tonduhan Tanam Perdana Tahun 2024.

26 April 2024 - 21:54 WIB

Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga: “Kontribusi Perempuan Semakin Diperlukan”

5 April 2024 - 13:46 WIB

Trending di Ekonomi