Menu

Mode Gelap
 

Religi Β· 20 Mei 2024 15:42 WIB

10 Calhaj Diberangkatkan Ketua Perwis Simalungun Dan KUA Kecamatan Tanah Jawa.


 10 Calhaj Diberangkatkan Ketua Perwis Simalungun Dan KUA Kecamatan Tanah Jawa. Perbesar

ANEWS-Chanel//Simalungun – Calon haji asal Kecamatan Tanah Jawa yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah dilepas Ketua Perwis Simalungun Deni Sartika SAg MM, dan Kepala KUA Tanah Jawa Riswan Hasibuan SAg.

Kegiatan pelepasan calon haji asal Kecamatan Tanah Jawa dilaksanakan di Masjid Uswatun Khasanah rintis 7 Balimbingan, Pada Senin (20/052024). Setidaknya ada 10 jamaah calon haji asal Kecamatan Tanah Jawa yang berangkat ke tanah suci Mekkah.

Turut hadir diacara tersebut, Forkopimca, Ketua MUI Kec.Tanah Jawa, Ketua Perwis Kabupaten Simalungun, Ketua Lasqi kecamatan Tanah Jawa, Ketua IPHI, Ketua DMI, Babinsa dan Pangulu Balimbingan Janwaris Gultom serta beberapa tokoh agama setempat.

Riswan Hasibuan, Kepala KUA Tanah Jawa salam sambutannya mengatakan, Di antara pilar dalam Islam yang diwajibkan kepada umat Islam adalah melaksanakan haji ke Baitullah (Makkah). Ibadah ini merupakan rukun kelima dalam Islam, pelaksanaan ibadah haji dilakukan setiap tahun ditanggal 10 Zulhijjah hijriah. Ungkapnya.

Baca Juga :Β Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun

Lebih lanjut KUA Tanah Jawa mengatakan, “Ibadah haji juga merupakan wujud ungkapan syukur atas nikmat Allah. Dengan ibadah haji, seseorang harus mengorbankan dua hal, yaitu badan dan hartanya, ungkapan yang benar untuk mensyukuri nikmat harta dan badan adalah dengan menggunakannya pada jalan yang diridhai oleh Allah.

Mengenai dalil diwajibkannya haji ialah dalam Al-Qur’an Allah, berfirman:

ΩˆΩŽΩ„ΩΩ„Ω‘Ω°Ω‡Ω ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩ‰ Ψ§Ω„Ω†Ω‘ΩŽΨ§Ψ³Ω حِجُّ Ψ§Ω„Ω’Ψ¨ΩŽΩŠΩ’Ψͺِ Ω…ΩŽΩ†Ω Ψ§Ψ³Ω’Ψͺَطَاعَ Ψ₯ΩΩ„ΩŽΩŠΩ’Ω‡Ω Ψ³ΩŽΨ¨ΩΩŠΩ„Ψ§Ω‹ ΩˆΩŽΩ…ΩŽΩ† ΩƒΩŽΩΩŽΨ±ΩŽ فَΨ₯ΩΩ†Ω‘ΩŽ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ΩŽ ΨΊΩŽΩ†ΩΩŠΩ‘ΩŒ ΨΉΩŽΩ†Ω Ψ§Ω„Ω’ΨΉΩŽΨ§Ω„ΩŽΩ…ΩΩŠΩ†ΩŽ

Artinya, β€œDan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam” (QS Ali β€˜Imran: 97).

Ketua Perwis Simalungun bersama KUA Tanah Jawa lepas keberangkatan 10 calon haji.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

Ψ£ΩŠΩ‘ΩΩ‡ΩŽΨ§ Ψ§Ω„Ω†Ω‘ΩŽΨ§Ψ³ΩΨŒ Ω‚ΩŽΨ―Ω’ فَرَآَ اللهُ ΨΉΩŽΩ„ΩŽΩŠΩ’ΩƒΩΩ… Ψ§Ω„Ψ­ΩŽΨ¬Ω‘ΩŽ ΩΩŽΨ­ΩΨ¬Ω‘ΩΩˆΨ§

Artinya, β€œWahai manusia! Sungguh Allah telah mewajibkan haji atas kamu sekalian, maka kerjakanlah haji” (HR Muslim).

“Semoga bapak/ibu yang berangkat haji tahun ini, keseluruhannya diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan sehingga dapat melaksanakan ritual sesuai dengan syariat dan rukun haji, melaksanakan dengan khsusuk dan bisa kembali menjadi haji yang mabrur. Kata KUA Tanah Jawa.

Baca Juga :Β Terkait Studi Tour, Kepsek SMP Negeri 1 Hatonduhan, “Tidak ada paksaan, yang tak setuju akan dikembalikan dananya.

Terpisah, Ketua Perwis Simalungun Ibu Deni Sartika SAg MM pada kesempatan tersebut Beliau mengatakan, “Untuk berangkat haji ketanah suci bukan hal yang mudah, selain niat membutuhkan antrian yang cukup lama, karena memang kuota kita di batasi.

“Pada hari ini ada 10 jamaah calon haji dari Kecamatan Tanah Jawa yang akan berangkat ke tanah suci, tentunya kita merasa bangga dan bersyukur ada 10 jamaah yang tahun ini diberangkatkan, kami sari Perwis Simalungun mendoakan, semoga bapak/ibu diberikan kemudahan, kekuatan, kesehatan dalam melaksanakan rukun haji.

“Dan pastinya cuaca disana akan sangat berbeda, lakukan pemeriksaan kesehatan bila kondisi badan kurang fit, sehingga pada puncak pelaksanaan ibadah haji bapak/ibu dapat melaksanakan dengan khsusuk dan kembali ketanah air dengan kondisi sehat, selamat menunaikan ibadah haji dan haji yang mabrur. Tandas Ibu Deni.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Doa bersama yang pimpin Ketua MUI Kecamatan Tanah Jawa. (HF)

Editor Redaksi : A01

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kompol Asmon Bufitra Kunjungi Pondok Persulukan Serambi Babussalam Tuan Guru Batak

24 Mei 2024 - 12:54 WIB

Ralin Sinulingga Jaring Aspirasi Masyarakat Desa Sei Musam Kendit

14 Mei 2024 - 02:26 WIB

Meraih Berkah, Asisten Afdeling III Balimbingan Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak-anak Yatim.

3 Mei 2024 - 19:55 WIB

Tanda – tanda Orang Yang Bertemu Dengan Malam Lailatul Qadar.

31 Maret 2024 - 20:33 WIB

PTPN IV Unit Kebun Balimbingan, Gelar Safari Ramadhan.

30 Maret 2024 - 14:55 WIB

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Safari Ramadhan dan Silahturahmi dengan Masyarakat Kecamatan Panombean Panei

28 Maret 2024 - 11:31 WIB

Trending di Religi