Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 6 Sep 2023 03:17 WIB

Hadiri Festival Seni Dan Budaya Tingkat Kecamatan, Bupati Simalungun: “Ini salah satu terobosan untuk mempertahankan seni dan budaya daerah”.


 Hadiri Festival Seni Dan Budaya Tingkat Kecamatan, Bupati Simalungun: “Ini salah satu terobosan untuk mempertahankan seni dan budaya daerah”. Perbesar

SIMALUNGUN _ Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri festival lomba seni budaya daerah Simalungun Tingkat SMP dan SD yang di laksanakan oleh Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (5/9/2023).

Pelaksanaan Festival seni budaya daerah itu di pusatkan di Nagori Bah Bulian Kecamatan Raya Kahean. Untuk peserta tingkat SMP (remaja) mengikuti lomba tari-tarian daerah (tor-tor) Simalungun, sedangkan peserta tingkat SD mengikuti lomba bercerita (turi-turian).

Kehadiran Bupati Simalungun yang didampingi Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga disambut dengan kemerihan oleh peserta yang terdiri remaja dan anak-anak SD.

Keinginan untuk berjabatan tangan secara langsung kepada Bupati Simalungun dari para peserta dan juga masyarakat yang hadir tak terbendung, sehingga tanpa suatu komando peserta dan masyarakat langsung berkerumun untuk bersalaman dengan Bupati Simalungun.

Bahkan, dari kerumunan massa ini terdengar ucapan terima kasih kepada Bupati dan Ketua TP PKK yang telah hadir untuk mendukung kegiatan seni budaya daerah Simalungun di Kecamatan Raya Kaheran

Festival seni budaya berupa tari-tarian daerah untuk tingkat remaja dan bercerita untuk anak-anak ini dinisiasi oleh Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga selaku Ketua TP PKK bekerjasama dengan Pemkab Simalungun.

Hal tersebut sebagai upaya untuk membudayakan kesenian dan kebudayan daerah Simalungun agar tetap lestari di tengah-tengah masyarakat terutama generasi muda, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk menghindari kenakalan remaja dari hal-hal negatif.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan festival Seni dan Budaya daerah sebagai upaya dan terobosan untuk merawat budaya di Simalungun.

“Budaya-budaya Kita di Simalungun ini sudah sangat banyak terkuras. Jadi inilah terobosan-terobosan yang harus terus kita programkan untuk mempertahankan budaya kita Simalungun dan adat-adat Simalungun,”sebut Bupati.

Kepada masyarakat, Bupati mengajak agar festival seni dan Budaya Simalungun seperti yang dilaksanakan pada festival tersebut selalu di lanjutkan dan jangan hanya sampai di tingkat kecamatan saja, akan tetapi sampai ke tingkat diatasnya dengan memperbutkan piala bergilir.

“Saya berharap pemenangnya di pertandingan lagi tingkat dapil. Artinya satu dapil di isi para pemenang tingkat kecamatan yang ada di dapil tersebut. Dan pemenang per dapil tersebut akan bertarung memperebutkan piala bergilir Kabupaten Simalungun,”pinta Bupati.

Selanjutnya, Bupati menghimbau kepada peserta agar semakin giatΒ  belajar untuk mengembangkan seni dan budaya daerah dan jangan pernah malu menampilkan dan menunjukkan budaya Simalungun.

Kepada masyarakat, Bupati meminta agar kelak bergotong royong untuk mempertahankan budaya Simalungun. “Kalau tidak kita yang mengembangkan dan mempertahankan budaya kita Simalungun siapa lagi,”ucap Bupati.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, jadi kedepannya festival-festival kebudayaan Simalungun akan terus dilaksanakan,”imbuh Bupati

Bupati Simalungun juga menyampaikan kepada anak – anak yang belum juara agar jangan langsung putus asah akan tetapi semakin di tingkatkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada ketua TP PKK Kabupaten Simalungun yang telah menyelengarakan Festival seni dan budaya Kabupaten Simalungun.

“Tim Penggerak PKK juga telah banyak memberikan prestasi – prestasi sampai ke tingkat provinsi, saya yakin melalui ketua TP PKK seni dan budaya kita akan populer sampai ke tingkat provinsi bahkan Nasional dan internasional,”kata Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak yang mengikuti perlombaan Seni dan budaya.

Disamping itu, Ratnawati juga mengamini harapan Bupati agar para pemenang dalam festival ini berhak bertanding di tingkat dapil sebagai sarana seleksi para peserta untuk bertanding di tingkat provinsi.

Bupati Simalungun dan ketua TP PKK didampingi Camat Raya Kahean bersama Forkopimcam menikmati penampilan para peserta lomba hingga berakhirnya kegiatan festival, dan berkenan memberikan hadiah kepada para pemenang festival seni dan budaya tingkat kecamatan tersebut yang telah disediakan oleh panitia. (A01)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan Pengurus DPD PPNI Kabupaten Simalungun Periode 2023-2028.

25 Mei 2024 - 18:59 WIB

Hadiri Perayaan Akbar Pentakosta, Bupati Simalungun Ajak Jemaat GPdI Bergandengan Tangan Membangun Simalungun.

23 Mei 2024 - 15:48 WIB

51 Orang Pengungsi Rohingya Terdampar di Tanjung Pura-Langkat

22 Mei 2024 - 18:35 WIB

Saat Rapat Koordinasi Pangulu Bosar Nauli Terkesan Tendensius (Terlalu Berpihak Ke TPL)

22 Mei 2024 - 15:02 WIB

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Lepas 113 Jemaah Calon Haji Kloter 7 Kabupaten Langkat Ba’da Shubuh

21 Mei 2024 - 11:01 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun

20 Mei 2024 - 14:17 WIB

Trending di Daerah