Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 11 Apr 2023 08:23 WIB

DPRD Kab. Simalungun Gelar Rapat Paripurna HUT Ke-190 Daerah Simalungun Tahun 2023.


 DPRD Kab. Simalungun Gelar Rapat Paripurna HUT Ke-190 Daerah Simalungun Tahun 2023. Perbesar

Anews-Chanel _ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 190 Daerah Simalungun Tahun 2023, di gedung DPRD Kabupaten Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Selasa (11/4/2023).

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani didampingi wakil-wakil ketua yaitu Samrin S Girsang, Elias Barus dan Sastra Joyo Sirait dan dihadiri oleh para Anggota DPRD Simalungun.

Baca Juga :Β Wakil Bupati Simalungun Dampingi Kapoldasu Tinjau Infrastruktur Jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan.

Rapat itu juga di hadiri oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati H Zonny Waldi, Danrindam I/BB diwakili Letkol Inf Agus Pudjo Priyo Semedi (Dan Dodiklatpur), Kasrem 022/PT Letkol Inf Yoppi Candra Atmaja Hutasoit, Wadan Denpom I/1 Mayor CPM A Sembiring.

Kemudian hadir juga Kapolres Simalungun AKBP Ronal FC Sipayung, Kajari Irfan Hergianto, Kasdim 0206/Sml Mayor Inf Margana, Sekda Esron Sinaga, Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua DWP Bernadetha Esron Sinaga, keturunan raja Marpitu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, ormas dan undangan lainnya.

HUT ke 190 Daerah Simalungun dilaksanakan sesuai dengan Perda Kabupaten Daerah Tingkat II Simalungun Nomor 3 Tahun 1999 tentang Hari Jadi 3Daerah Simalungun.

Dalam BAB III Pasal 3 disebutkan dalam penerapan hari jadi ini telah dipenuhi dan diperhatikan faktor-faktor dasar bagi penetapannya serta pandangan dan saran-saran dari para cerdik cendikiawan, tokoh masyarakat dan hasil rumusan forum diskusi.

Dengan memperhatikan ketentuan pasal 3 Perda ini Hari Jadi Daerah Simalungun ditetapkanlah pada tanggal 11 April 1833, dan setiap tanggal 11 April supaya di peringati sebagai Hari Jadi Daerah Simalungun.

Bupati Simalungun dalam sambutannya antara lain menyampaikan, secara umum daerah Simalungun pernah dipimpin oleh Raja Nagur, kemudian berkembang menjadi kerajaan Maropat atau raja Maropat yaitu Kerajaan Siantar (Marga Damanik), Kerajaan Panei (Marga Purba Dasuha), Kerajaan Silou (Marga Purba Tambak) dan Kerajaan Tanoh Jawa (Marga Sinaga).

Selanjutnya Kerajaan yang tujuh (Harahap Marpitu/Raja Marpitu) yaitu Kerajaan Siantar (Marga Damanik), Kerajaan Panei (Marga Purba Dasuha), Kerajaan Silou (Marga Purba Tambak), Kerajaan Tanoh Jawa (Marga Sinaga), Kerajaan Raya (Marga Saragih Haringging), Kerajaan Purba (Marga Purba Pakpak) dan Kerajaan Silimakuta (Marga Purba Girsang).

“Kita patut bersyukur dan berbangga pada hari ini, kita memperingati HUT yang ke 190 Daerah Simalungun,”kata Bupati dihadapan wartawan dari berbagai media.

Bupati menyampaikan, Simalungun merupakan daerah yang heterogen dan sangat nluar biasa. “Artinya dengan HUT ke 190 ini, ada beberapa langkah yang telah di lakukan pemerintah dan elemen masyarakat Simalungun untuk bisa memperbaiki lebih baik lagi,”kata Bupati.

Baca Juga :Β Bupati Simalungun sambangi SD 2 Tiga Runggu Kecamatan Purba.

“Dengan kebersamaan yang pupuk selama ini kita berhasil masuk zona hijua (peringkat 9) dalam pelayanan publik. Demikian juga, Simalungun dengan pencapaian TPID di

Sementara itu Ketua DPRD Simalungun menyampaikan, melalui peringatan HUT ke-190 Daerah Simalungun menunjukkan usia yang cukup matang.

“Untuk itu janganlah berfikir mundur kebelakang, tapi kita berfikir maju kedepan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk berkarya membangun Simalungun sesuai dengan visi dan misi Bupati dan wakil bupati ‘Rakyat Harus Sejahtera’,kata Timbul. (Aziz)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan.

16 Mei 2024 - 15:24 WIB

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad yang Meninggal di Pemandian Wisata Simalungun.

15 Mei 2024 - 21:30 WIB

Program Ketapang Pemdes Pasar Rawa Berikan Bantuan 6000 Kg Bibit Padi Dan 850 L Pupuk Cair Kepada 11 Poktan

15 Mei 2024 - 16:00 WIB

Pj Bupati Langkat Tekankan Kolaborasi Antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha Guna Mempercepat Pencapaian Target Pembangunan

15 Mei 2024 - 13:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Jalin KerjasamaΒ  dengan Kabupaten Karo danΒ  Dairi.

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Bupati Simalungun Menghadiri Acara Lepas Sambut Danrem 022/PT.

9 Mei 2024 - 13:15 WIB

Trending di Daerah