Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 3 Agu 2023 12:49 WIB

Bupati Simalungun Monitoring Perbaikan Jalan Penghubung Tigaras dan Haranggaol.


 Bupati Simalungun Monitoring Perbaikan Jalan Penghubung Tigaras dan Haranggaol. Perbesar

SIMALUNGUN _ Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Kapolres ABKB Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy dan Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Hotbinson Damanik melakukan monitoring pekerjaan perbaikan dan pembangunan jalan susur pantai penghubung Simpang Salbe Tigaras Kecamatan Dolok Pardamean menuju Purba Pasir Kecamatan Haranggaol Horison, Kamis (3/8/2023).

Didalam melakukan monitoring Bupati dan rombongan menggunakan sepeda motor menempuh jarak lebih kurang 12 KM. Dalam perjalanan monitoring itu, Bupati juga menyapa masyarakat yang ikut Marharoan Bolon (bergotong royong) dalam memperbaiki jalan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Simalungun menyampaikan agar masyarakat ikut bekerjasama dalam memperbaiki kampung halaman Tanoh Habonaron Do Bona.

“Jadi kita harus mendukung perbaikan jalan yang sedang berlangsung di sekitar pesisir pantai. Perbaikan jalan ini akan mempermudah akses bagi masyarakat dan jalan ini juga akan menghubungkan dari Simpang Salbe sampai Purba pasir,”kata Bupati yang juga didampingi Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Disampaikan Bupati, dalam perbaikan jalan ini tidak ada ganti rugi maupun ganti untung yang dapat diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat. “Bagi masyarakat yang nantinya ada tanahnya terkena pembangunan jalan diharapkan dengan besar hati memberi. Ini semua demi kemajuan kampung halaman,”kata Bupati.

BACA JUGA :Β Rakor di Kantor Administrator KEK Sei Mangkei, Bupati Simalungun Tinjau Lokasi Pembangunan PT Shell Oil Indonesia.

“Kita patut bersyukur telah mendapatkan perbaikan sekitar 12 Km untuk susur pantai. Saya sudah melewati jalur yang akan di perbaiki, pemandangan nya begitu indah dan cantik. Kawasan nya juga sungguh asri,”sambung Bupati.

Bupati meyakini bahwa dengan di bangunan nya jalan akan dapat meningkatkan pariwisata dan meningkatnay perekonomian masyarajat. “Dengan meningkatkannya pariwisata saya yakin tempat ini akan semakin maju dari sektor perekonomian,”kata Bupati.

“Mari kita jaga bersama – sama apa yang telah di berikan Tuhan kepada kita. Kita lihat sendiri kampung kita ini sungguh sangat indah. Mari kita jaga hutan dan tidak merusak lingkungan,”sebut Bupati sembari mengatakan menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran dan lingkungan itu tetap asri serta nyaman.

Bupati berharap, kedepannya daerah tersebut menjadi salah satu kawasan wisata super prioritas. Dan akan meningkatkan pengunjung sehingga berdampak dalam peningkatan perekonomian di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kadis PUTR Kabupaten Simalungun Hotbinson Damanik menjelaskan bahwa, untuk pekerjaan perbaikan jalan ini menggunakan dana Alokasi Inpres.

“Tahap pertama Rp. 57 Milyar untuk menangani jalan susur pantai Danau Toba yang ada di Simalungun yaitu, ruas jalan Haranggaol menuju Simpang Salbe Tigaras,” ujarnya.

Hotbinson berharap dengan terbangun nya jalan ini akan mampu meningkatkan konektivitas se-kawasan Danau Toba yang tentunya akan berdampak terhadap tumbuhnya kawasan – kawasan wisata baru, tumbuhnya UKM-UKM di sepanjang pantai.

“Tentunya ini akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kabupaten Simalungun dan akan mampu meningkatkan PAD yang akan di manfaatkan untuk pembangunan jalan – jalan di Kabupaten Simalungun,” ujar Hotbinson.

Perwakilan dari PPKΒ  PU PJN Sumut, Sarah mengatakan, pembangunan perbaikan jalan daerah Haranggaol sepanjang 12 Km. Dan kedala yang di hadapi untilitas Tiang listrik dan selang air minum.

“Kami berharap, masyarakat mau dan ikut membantu agar kendala iniΒ  dapat di selesaikan bersama. Dan kami juga berharap untuk bersama-sama melakukan pengawasan,”ujar Sarah.

BACA JUGA :Β Kunjungi WIS di Kecamatan Pamatang Silimahuta, Bupati Simalungun: β€œKalau Ingin Menikmati Keindahan Alam Datang Ke WIS”

Dikesempatan itu, salah seorang tokoh masyarakat Jakasper Turnip mengucapkan terimakasih kepada Bupati Simalungun yang telah memperjuangkan dan mendengarkan permintaan masyarakat dengan memperhatikan infrastruktur jalan di daerah mereka.

“Sudah 78 tahun kita merdeka tapi belum pernah ini di perbaiki dan ini lah hadiah kemerdekaan kita di perbaiki jalan kita ini,”ucap Jakasper.

Sebagai ungkapan rasa syukur, masyarakat Purba Pasir menyematkan hiou pamotting kepada Bupati Simalungun dan rombongan. (A01

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan Pengurus DPD PPNI Kabupaten Simalungun Periode 2023-2028.

25 Mei 2024 - 18:59 WIB

Hadiri Perayaan Akbar Pentakosta, Bupati Simalungun Ajak Jemaat GPdI Bergandengan Tangan Membangun Simalungun.

23 Mei 2024 - 15:48 WIB

51 Orang Pengungsi Rohingya Terdampar di Tanjung Pura-Langkat

22 Mei 2024 - 18:35 WIB

Saat Rapat Koordinasi Pangulu Bosar Nauli Terkesan Tendensius (Terlalu Berpihak Ke TPL)

22 Mei 2024 - 15:02 WIB

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Lepas 113 Jemaah Calon Haji Kloter 7 Kabupaten Langkat Ba’da Shubuh

21 Mei 2024 - 11:01 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun

20 Mei 2024 - 14:17 WIB

Trending di Daerah