Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 30 Mei 2023 09:30 WIB

Wakil Bupati Simalungun Launching Klinik VCT/IMS/PDP RSUD Tuan Rondahaim.


 Wakil Bupati Simalungun Launching Klinik VCT/IMS/PDP RSUD Tuan Rondahaim. Perbesar

@news-chanel.com

Dalam rangka penanggulangan HIV dan AIDS serta mendukung program nasional di bidang P2HIV-AIDS, RSUD Tuan Rondahaim membuka layanan poliklinik VCT/IMS/PDP (Volluntary Concelling Testing/Infeksi Menular Seksual/Perawatan Dukungan Pengobatan.

Secara resmi, launching Klinik VCT/IMS/PDP ini di lakukan oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi, ditandai dengan pengguntingan pita ruang poli VCT/IMS/PDP, di RSUD Tuan Rondahaim, Jln Besar Siantar-Saribudolok, Simalungun, Sumut, Selasa (30/5/2023).

Keberadaan Klinik ini untuk meningkatkan layanan VCT menjadi layanan klinik PDP sehingga memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi sesuai ilmu terkini kepada semua lapisan masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan di RSUD Tuan Rondahaim khususnya bagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang membutuhkan terapi ARV.

Baca Juga ;Β Kapolres Simalungun Hadiri Kunjungan Puslitbang Polri dalam rangka Penelitian Tentang Strategi Pencegahan Bunuh Diri Pada Polri.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Simalungun menyampaikan, dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, Pemkab Simalungun terus berupaya untuk memberikan pelayanan maximal dan secara bertahap berjalan dengan baik.

β€œBerbagai fasilitas layanan kesehatan kita tingkatkan, baik sarana maupun prasarana dan secara paralel, ini berjalan di tiga RSUD kita. Demikian juga halnya dengan Puskesmas,”kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap kepada pihak rumah sakit dan juga puskemas untuk melakukan pelayanan dengan sepenuh hati dan prima. β€œJangan pelayanan setengah hati, jangan tanya duluh uang nya, langsung layani dengan baik,”tandas Wakil Bupati

Terkait dengan dibukanya Klinik VCT/IMS/PDP RSUD Tuan Rondahaim, Wakil Bupati meminta agar pelayanannya di tingkatkan. β€œBerikan pelayanan yang terbaik kepada pasien,”ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati Simalungun juga berpesan kepada masyarakat agar menjauhi pergaulan bebas, tidak bergonta-ganti pasangan dan juga tidak melakukan seks bebas. β€œJangan mendekati atau melakukan seks bebas, hubungan sesama jenis dan menjauhi narkotika, dan supaya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar terhindar dari hal yang tidak baik ” pesan Wakil Bupati.

Sebelumnya, Direktur RSUD Tuan Rondahaim Henny Roselia Pane dalam paparannya mengatakan, bahwa layanan poliklinik PDP, merupakan layanan perawatan dukungan dan pengobatan kasus HIV/AIDS.

Layanan ini memberikan konseling, perawatan, dukungan dan pengobatan melalui terapi antiretroviral terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHIV).

Henny Pane mengatakan, dengan diresmikannya poli klinik PDP, maka RSUD Tuan Rondahaim dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang bermutu, dan menyeluruh sesuai dengan standart nasional.

Hal tersebut juga turut serta dalam mendukung program nasional, dalam membuka layanan perawatan, dukungan dan pengobatan (PDP) HIV/AIDS.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Tony Simanjuntak, mengapresiasi RSUD Tuan Rondahaim, yang telah melauncing PDP HIV/AIDS.

Baca Juga :Β Kapolres Simalungun Sidak Ruang Tahanan Polres, Untuk Memastikan Tidak Ada Barang Yang Dilarang.Β Bupati Simalungun Resmikan Kantor Pangulu dan Balai Nagori Gunung Serawan.

Edwin mengatakan, bahwa RSUD Tuan Rondahaim merupakan Rumah Sakit pertama di Simalungun, yang membuka layanan PDP HIV/AIDS. Edwin berharap, RSUD bisa memberikan pelayanan yang optimal, dan profesional.

Sementara itu, Ketua Komisi Penanggulanag HIV/AIDS Simalungun Lilis Sinaga, sangat senang dan bersyukur sudah dibukanya layanan PDP HIV/AIDS di RSUD Tuan Rondahaim.

Lilis mengatakan, pihaknya sudah lama menunggu momen tersebut, yang dimana di tahun-tahun sebelumnya, layanan untuk penderita HIV/AIDS masih hanya sebatas puskesmas. (Aziz)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan.

16 Mei 2024 - 15:24 WIB

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad yang Meninggal di Pemandian Wisata Simalungun.

15 Mei 2024 - 21:30 WIB

Program Ketapang Pemdes Pasar Rawa Berikan Bantuan 6000 Kg Bibit Padi Dan 850 L Pupuk Cair Kepada 11 Poktan

15 Mei 2024 - 16:00 WIB

Pj Bupati Langkat Tekankan Kolaborasi Antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha Guna Mempercepat Pencapaian Target Pembangunan

15 Mei 2024 - 13:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Jalin KerjasamaΒ  dengan Kabupaten Karo danΒ  Dairi.

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Bupati Simalungun Menghadiri Acara Lepas Sambut Danrem 022/PT.

9 Mei 2024 - 13:15 WIB

Trending di Daerah