Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan ยท 19 Mar 2024 22:06 WIB

Targetkan Zero Stunting 2024, UPTD Kecamatan Hatonduhan Rapat Percepatan Cegah Stunting.


 Targetkan Zero Stunting 2024, UPTD Kecamatan Hatonduhan Rapat Percepatan Cegah Stunting. Perbesar

SIMALUNGUN _ Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak dan Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Stunting merupakan masalah kesehatan yang sudah ada sejak lama. Kondisi ini disebabkan oleh gizi buruk, terserang infeksi berkali-kali, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah. Namun, penyebab stunting yang paling banyak adalah karena kekurangan gizi.

Baca Juga :ย Sejumlah Perangkat Daerah Terima Piagam Penghargaan Dari Ombudsman dan Kementerian PAN-RB

Pemerintah Kabupaten Simalungun saat ini terus berupaya mengurangi angka Stunting, dengan melaksanakan berbagai program, dan tercatat penurunan angka Stunting Khususnya di Kabupaten Simalungun sudah cukup signifikan. Namun belum belum tuntas.

Masih ada beberapa Kecamatan yang angka penderita stunting cukup tinggi, oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Hatonduhan melalui UPT Kesehatan menggandeng semua pihak untuk melaksanakan kegiatan pencegahan Stunting.

UPT Kesehatan Kecamatan Hatonduhan Puskesmas Tonduhan dan Puskesmas Buntu Turunan mengajak seluruh Kepala Nagori (Pangulu), dan pihak-pihak terkait, BUMN dan Swasta merapatkan program penurunan Stunting di Kecamatan Hatonduhan.

Dengan menggelar rapat bersama di Aula Kantor Camat Hatonduhan pada Selasa (19/03/2024) yang di hadiri Seluruh Pangulu, Kapuskesmas Buntu Turunan dr Marisa Terge Nainggolan, Kapuskesmas Tonduhan dr Angel Saragih, Bindes, sejumlah ASN dan perwakilan dari PTPN IV Unit Kebun Tonduhan serta beberapa perangkat desa.

Rapat percepatan penurunan Stunting di Kecamatan Hatonduhan

Dalam rapat tersebut, UPT Kesehatan Kecamatan Hatonduhan menargetkan di 2024 Kecamatan Hatonduhan Zero Stunting.

Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak, dan perlunya sosialisasi di tengah masyarakat, kader-kader posyandu di Nagori turut dilibatkan agar informasi sampai ditengah masyarakat terutama bagi ibu-ibu muda yang masih produktif.

Reporter : Aziz

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gerakan Melawan Narkoba Pemerintah Buntu Turunan Diapresiasi Kapala BNN Simalungun.

14 Mei 2024 - 13:12 WIB

Meriahkan HBP Ke-60 Di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Edukasi Kesehatan Dengan Warga Binaan.

23 April 2024 - 11:43 WIB

Puskesmas Buntu Turunan Lakukan Penanganan dan Pencegahan Penyakit TBC Untuk Warga Masyarakat.

6 April 2024 - 20:41 WIB

Trending di Kesehatan