Menu

Mode Gelap
 

TNI - Polri · 22 Des 2023 11:09 WIB

Polres Simalungun Gelar Lat Pra Ops Lilin Toba 2023, Peningkatan Profesionalisme Polri Jelang Natal dan Tahun Baru


 Polres Simalungun Gelar Lat Pra Ops Lilin Toba 2023, Peningkatan Profesionalisme Polri Jelang Natal dan Tahun Baru Perbesar

 

SIMALUNGUN – Dalam rangka menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Simalungun telah resmi menggelar Latihan Pra Operasi (Ops) Lilin Toba 2023 pada hari Kamis, 21 Desember 2023. Bertempat di Aula Bandar Siahaan Mako Polres Simalungun, latihan ini dipimpin oleh Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00 WIB sampai dengan selesai ini diadakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme Polri yang presisi, guna menciptakan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dan kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang aman, tertib, dan lancar di wilayah Kabupaten Simalungun.

Peserta yang hadir dalam latihan ini termasuk pejabat utama Polres Simalungun, yakni Kabag Ops Kompol Reymon Godfried Mulatua Hutagalung, SH, Kabag Log Kompol Gering Damanik, SH, Kapolsek Tanah Jawa Kompol Manson Nainggolan, SH, MSI, para Kapolsek sejajaran, Kasat Lantas AKP M. Haris S, SE, Kasat Samapta AKP Lambok Stevanus Gultom, SH, serta para perwira dan brigadir Polres Simalungun.

Kapolres Simalungun Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melalui Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH., menyampaikan hasil kegiatan tersebut, “Latihan Pra Ops Lilin Toba 2023 merupakan sebuah prakondisi bagi Polres Simalungun dalam menyamakan persepsi terkait konsep operasi, target, sasaran, tujuan, dan cara bertindak untuk memastikan kesiapan pelaksanaan operasi keamanan yang sebenarnya dengan pelibatan 729(tujuh ratus dua puluh sembilan) personel dari beberapa instansi terkait, “jelas Efianto, Kamis(21/12/2023).

Wakapolres Simalungun memaparkan, “Dalam menghadapi tantangan ini, Polres Simalungun akan mengerahkan total 445 personel yang bersinergi dengan Kodim 0207 Simalungun, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Denpom I/I Pematangsiantar dengan jumlah personel tambahan dari instansi tersebut. Selain itu, personel tanggap darurat juga disiagakan di 7 pos pengamanan di berbagai wilayah strategis.

Operasi ini juga didukung oleh Dinas PUPR Pemkab Simalungun yang telah menyiapkan 4 excavator dan 2 unit chainsaw serta operator, yang akan disiagakan di lokasi rawan bencana. Sementara itu, Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun menjamin operasional 24 jam seluruh Puskesmas, dilengkapi dengan tenaga medis, ambulans, dan obat-obatan selama pelaksanaan operasi.

KSOPP Danau Toba juga akan turut serta dengan menyediakan 6 personel untuk membantu di Pos Terpadu Operasi Lilin Toba 2023, khususnya dalam penyeberangan antar pelabuhan di Tigaras dan Simanindo. Sedangkan pihak BMKG Pemkab Simalungun telah menginformasikan prediksi cuaca yang diperkirakan berawan dan curah hujan menengah, dengan imbauan kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan matang,”ujar Kompol Efianto.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH, menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan koordinasi antar institusi untuk menjamin kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru. Beliau juga menghimbau kepada seluruh personel dan instansi terkait agar senantiasa mengedepankan sikap humanis dan profesional dalam bertugas.

Kompol Efianto melanjutkan dengan menyampaikan himbauan Kapolres Simalungun Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., khusus kepada masyarakat, “Menghindari perjalanan yang tidak penting saat puncak arus mudik dan balik untuk mengurangi kepadatan lalu lintas serta risiko kecelakaan. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan jarak jauh diharapkan untuk memeriksa kondisi kendaraan dan memastikan bahwa semua sistem berfungsi dengan baik demi keselamatan bersama.

Mendukung upaya pencegahan Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat dibeberapa wilayah jumlah persebaran virus Covid-19 mengalami peningkatan, Menjaga ketertiban dan tidak menggunakan petasan atau kembang api yang dapat mengganggu ketenangan dan menjadi sumber bahaya.

Masyarakat diminta untuk tidak terlibat dalam penggunaan minuman keras atau zat adiktif lainnya yang dapat mengganggu keamanan publik dan menimbulkan tindak kekerasan, “ucap Kompol Efianto.

Selain itu, Wakapolres mengharapkan kerja sama masyarakat dalam melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan yang mungkin mengindikasikan ancaman keamanan, baik itu gangguan kamtibmas maupun ancaman teror.

Untuk menjamin keamanan tersebut, Polres Simalungun juga akan menerapkan sistem pengawasan dan patroli yang ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi dan sistem komunikasi terkini untuk memonitor kondisi dan situasi lalu lintas serta kamtibmas di seluruh wilayah.

Wakapolres menegaskan bahwa kesuksesan Operasi Lilin Toba 2023 tidak hanya bergantung pada kesiapan aparat keamanan, namun juga partisipasi aktif dan kepemilikan bersama keamanan ini oleh masyarakat. Akhir kata, Kompol Efianto berharap agar perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan penuh sukacita bagi seluruh warga Kabupaten Simalungun.

Latihan Pra Ops Lilin Toba 2023 ini menjadi langkah konkret Polres Simalungun dalam menunjukkan kesiapan dan komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama periode libur panjang akhir tahun. (A01)

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kapolres Hadiri Kunjungan Kerja Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu di Kodim 0207/SML

22 Mei 2024 - 19:35 WIB

Kapolres Simalungun Pimpin ANEV Bulanan Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas

22 Mei 2024 - 18:30 WIB

Kapolres Langkat Pimpin Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 116 Tahun 2024 Kabupaten Langkat.

21 Mei 2024 - 10:56 WIB

Kapolsekta Tanah Jawa Berganti, Dari Kompol Manson Nainggolan Pada Kompol Asmon Bufitra

20 Mei 2024 - 19:44 WIB

Upacara Serah Terima Jabatan Polres Simalungun Dipimpin Langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala.

20 Mei 2024 - 16:36 WIB

Polsek Tanah Jawa Monitoring Poskamling Di Nagori Buntu Turunan

16 Mei 2024 - 08:10 WIB

Trending di TNI - Polri