Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 4 Sep 2023 08:38 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Sosialisasi Penguatan Fondasi Bisnis Melalui Transformasi Digital Bagi UP2K TP PKK


 Pemkab Simalungun Gelar Sosialisasi Penguatan Fondasi Bisnis Melalui Transformasi Digital Bagi UP2K TP PKK Perbesar

SIMALUNGUN _ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menggelar kegiatan Sosialisasi Penguatan Fondasi Bisnis Melalui Transformasi Digital Bagi UP2K TP PKK Kabupaten Simalungun Angkatan I, berlangsung di Hotel  Danau Toba Internasional Cottage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Senin (04/09/2023).

Kegiatan Sosialisasi Penguatan Fondasi Bisnis Melalui Transformasi Digital Bagi UP2K TP PKK Kabupaten Simalungun Angkatan I, secara resmi di buka oleh Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga di tandai dengan pemukulan gong.

Marulitua Tambunan selaku Kadis Koperasi dan UKM dalam laporannya menyampaikan bawah sosialisasi tersebut merupakan Program Pemberdayaan Usaha Menengah Usaha Kecil dan Usaha Mikro dari instansi yang ia pimpin.

Menurut Marulitua, Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi diikuti 510 orang dari kecamatan se-Kabupaten Simalungun yang dibagi dalam 3 angkatan.

Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 4 September 2023 di Hotel  Danau Toba Internasional Cottage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, angkatan II akan di laksanakan pada tanggal 7 September 2023 di Green Star Hotel Jln Asahan Kota Perdagangan  Kecamatan Bandar, dan angkatan III akan di laksanakan pada Tanggal 8 September 2023 di Hotel Toba Cottage Parapat  Kecamatan Girsang Simpangan Bolon.

Selanjutnya Marulitua menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kemampuan terhadap peserta atau pelaku usaha  tentang perlunya transformasi digital yang merupakan langkah besar dalam perkembangan usaha.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar mampu mengintergrasikan teknologi digital, membantu pelaku usaha mengadopsi teknologi digital inovatif, dan mendukung pelaku UMKM bergabung dalam ekosistem digitalisasi  baik dari aspek SDM maupun aspek produk agar selalu konsisten dalam memenuhi permintaan konsumen  dan tetap menjaga kualitas.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Marulitua berharap, di setiap Nagori dan kelurahan kedepannya mempunyai kelompok pelaku UMKM dan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yang menjadi motor penggerak masing masing Nagori.

“UP2K di Nagori atau kelurahan diharapakan sebagai garda terdepan  dalam pembinaan dan transfer ilmu bagi Nagori masing masing dan melaui  UP2K juga diharapkan tercipta masyarakat atau pelaku usaha yang lebih sejahtera dengan melahirkan produk  UMKM unggulan di Kabupaten Simalungun,”kata Marulitua.

“Dan produk unggulan ini tentunya dapat bersaing secara internasional Nasional  dengan legalitas produk  seperti, NIB, PIRT, LABEL Halal, BPOM dan tetap meningkatkan kualitas produk UMKM kita masing masing,”imbuh Marulitua.

Dalam kegiatan Sosialisasi ini menghadirkan para narasumber yang kompetensi di bidang nya seperti Bidang fotografi dan digitalisasi. “Tetap kami menggandeng para pelaku konten kreatif dan Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Pencab Simalungun dan Kami juga mendaulat Ketua TP PKK menjadi  narasumber,”jelas Marulitua.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun dalam sambutannya berharap hasil dari kegiatan ini kiranya dapat di laksanakan atau di terapkan pada usaha-usaha di Kabupaten Simalungun.

“Bukan sekedar ikut ikutan tapi harus di laksanakan dan praktekan di usaha masing masing, jalankan dengan baik dan benar hasil dari kegiatan ini dalam usaha kita, sehingga ada peningkatan pendapatan dari hasil kegiatan kita ini,”kata Ratnawati.

Ratnawati juga mengucapkan terima kasih kepada Dnas Koperasi dan UKM yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Kita juga berharap kegiatan ini bisa menciptakan masyarakat Simalungun yang maju, dan bukan sekedar menunggu bantuan dari pemerintah atau pun dari yang lainnya,”ujarnya. (Red.A01)

 

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan.

16 Mei 2024 - 15:24 WIB

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad yang Meninggal di Pemandian Wisata Simalungun.

15 Mei 2024 - 21:30 WIB

Program Ketapang Pemdes Pasar Rawa Berikan Bantuan 6000 Kg Bibit Padi Dan 850 L Pupuk Cair Kepada 11 Poktan

15 Mei 2024 - 16:00 WIB

Pj Bupati Langkat Tekankan Kolaborasi Antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha Guna Mempercepat Pencapaian Target Pembangunan

15 Mei 2024 - 13:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Jalin Kerjasama  dengan Kabupaten Karo dan  Dairi.

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Bupati Simalungun Menghadiri Acara Lepas Sambut Danrem 022/PT.

9 Mei 2024 - 13:15 WIB

Trending di Daerah