Menu

Mode Gelap
 

Seni Budaya ยท 21 Apr 2024 10:46 WIB

Nagori Marubun Jaya Menjadi Jawara Perlombaan Tor-tor Dan Senam Lansia Di Kecamatan Tanah Jawa.


 Nagori Marubun Jaya Menjadi Jawara Perlombaan Tor-tor Dan Senam Lansia Di Kecamatan Tanah Jawa. Perbesar

SIMALUNGUN _ Guna melestarikan budaya daerah Simalungun Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun mengajak seluruh TP PKK di setiap kecamatan menggelar festival Tor-tor (tari) daerah.

Festival tari tortor diikuti para remaja yang dirangkai dengan lomba senam lansia. Sesuai dengan arahan Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun tersebut, TP PKK Kecamatan Tanah Jawa menggelar festival tor-tor (tari) daerah oleh para remaja dan juga senam lansia yang diikuti seluruh Nagori di Tanah Jawa.

Hadir diantaranya, Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir, bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Jawa, Seluruh Pangulu SE Kecamatan Tanah Jawa, Ketua TP PKK Nagori, Babinsa, Babinkamtibmas dan seluruh peserta lomba.

Baca Juga :ย TP PKK Kecamatan Hatonduhan Gelar Perlombaan Tor-tor Dan Senam Lansia.

Sebagaimana yang sudah disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun bahwa Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya Simalungun serta menanamkan kecintaan para remaja terhadap budaya Simalungun”.

Di jelaskan juga, selain menggelar festival tor-tor tingkat remaja, TP PKK Kecamatan Tanah Jawa juga melaksanakan lomba senam lansia untuk meningkatkan kesehatan para orang tua yang berusia lanjut.

“Di harapkan dengan mengikuti senam lansia, para orang tua kita semakin sehat sehingga dapat meningkatkan hubungan sosialnya dan berdaya guna bagi dirinya sendiri dan keluarganya, Kata Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir, saat mengawali kegiatan. Pada Sabtu (20/04/2024).

Kegiatan festival tor-tor dan lomba senam lansia tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tanah Jawa, dan terpantau antusias para peserta dari seluruh Nagori di Kecamatan Tanah Jawa cukup tinggi, dimana seluruh Nagori mengirimkan peserta yang didampingi langsung oleh Pangulu, Ketua TP PKK Nagori dan seluruh perangkat desanya.

Lomba seni tari Tortor dan senam lansia di Kecamatan Tanah Jawa tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian mengembangkan seni budaya Simalungun. sebagai hakim (tim penilai) Camat Tanah Jawa menurunkan juri dari Kabupaten.

Camat Tanah Jawa juga menjelaskan “Bagi pemenang atau Jaura 1 dan 2 akan kembali bertanding untuk tingkat dapil yang akan diikuti peserta dari 4 Kecamatan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, ungkapnya.

Selanjutnya acara terakhir adalah pengumuman pemenang yang di sampaikan dewan juri, Nagori Totap Majawa menjadi Juara 1 lomba tortor tingkat remaja dan Jaura 1 lomba lansia, ini artinya Nagori Marbun Jawa menjadi jawara di festival lomba tortor dan senam lansia di Kecamatan Tanah Jawa.

Camat Tanah Jawa dan Pangulu Nagori Marubun Jaya saat menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba tortor

Terlihat, Camat Tanah Jawa Bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Jawa dan di dampingi Sekcam menyerahkan trophy dan sejumlah uang pembinaan kepada juara 1,2 dan 3, Camat juga berpesan, “bagi yang mendapat juara 1 dan 2 agar kembali berlatih, dan dapat melanjutkan lomba untuk tingkat dapil yang akan di laksanakan dalam waktu dekat. Tandasnya. (A01)

Editor Redaksi : Aziz

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Karnaval Budaya Dan Belah Lemang Oleh Plt. Camat Gebang M. Iskandarsyah Meriahkan Semarak Pesta Rakyat

23 April 2024 - 14:44 WIB

Trending di Seni Budaya