Menu

Mode Gelap
 

Daerah Β· 16 Sep 2023 11:41 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Car Free Day di Kota Perdagangan, Wakil Bupati Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan.


 Pemkab Simalungun Gelar Car Free Day di Kota Perdagangan, Wakil Bupati Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan. Perbesar

SIMALUNGUN _ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudperekraf) menggelar kegiatan Car Free Day di Kota Perdagangan Kecamatan Bandar, Simalungun, Sumut, Sabtu (16/9/2023).

Giat car free day tersebut di hadiri Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi bersama Forkopimda, Anggota DPRD, Sekda dan para pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun. serta diikuti oleh ribuan massa.

Mengawali kegiatan itu, Wakil Bupati melepas peserta gerak jalan santai dari lapangan Balai Karya Murni. Gerak jalan santai ini diikuti ribuan massa dengan route menelusuri sejumlah ruas jalan di Kota Perdagangan sepanjang lebih kurang 1,5 Km.

Ada yang unik dalam gerak jalan santai ini, dimana para peserta, sembari mengikuti gerak jalan santai melakukan kegiatan pengutipan sampah disepanjang jalan yang dilalui dalam rangka membudayakan kebersihan lingkungan.

Sumpah-sampah ini kemudian dikumpulkan usai gerak jalan santai (Finish) untuk selanjutnya dibuang ke TPA. Selanjutnya peserta mengikuti senam bersama. Kepada peserta juga diberikan kupon undian lucky draw.

Wakil Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas di gelarnya kegiatan car free day oleh Disbudparekraf Simalungun, sembari mengucapkan terima kasih kepada sponsor yang mendukung kegiatan tersebut.

Menurut Wakil Bupati, salah satu tujuan dari kegiatan car free day, untuk merajut kebersamaan antara Pemkab Simalungun dengan masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan.

“Car Free Day ini juga bertujuan untuk mengurangi emisi (pencemaran) terutama pencemaran udara serta mengurangi dampak pemanasan global di Kota Perdagangan,”kata Wakil Bupati.

Disamping itu, Wakil Bupati mengatakan kegiatan ini juga untuk mengurangi polusi udara akibat sampah yang menjadi persoalan di kabupaten Simalungun termasuk di Perdagangan.

“Pemerintah pusat akan memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang mampu mengelola lingkungan nya dengan baik, asri, tertata dengan baik dan aman untuk ditempati,”ucap Wakil Bupati.

Pada Tahun 2022 yang lalu, Wakil Bupati menyampaikan, Kabupaten Simalungun memperoleh Adi Pura kategori kota kecil yaitu Sondi Raya.

“Kita tidak hanya Sondi Raya yang bersih, akan tetapi negeri Sam Pan Tao Kota Perdagangan juga bisa meraih predikat Kota Kecil peraih Adi Pura,”ucap Wakil Bupati.

Untuk itu, Wakil Bupati menghimbau masyarakat dan stakeholder di Kota Perdagangan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Wakil Bupati juga mengapresiasi kepada peserta gerak jalan santai yang melakukan kegiatan pengutipan sampah di sepanjang jalan. “Semoga ini tidak hanya pada saat kegiatan ini, tapi menjadi kebiasaan kita menjaga lingkungan yang bersih,”ujarnya.

Bersamaan dengan kegiatan itu, dilaksanakan lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak PAUD se-Kecamatan Bandar. Bagi pemenang dalam lomban ini diberi hadiah-hadiah menarik.

Di lokasi kegiatan Car Free Day juga digelar layanan aktifasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun. (A01)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan.

16 Mei 2024 - 15:24 WIB

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad yang Meninggal di Pemandian Wisata Simalungun.

15 Mei 2024 - 21:30 WIB

Program Ketapang Pemdes Pasar Rawa Berikan Bantuan 6000 Kg Bibit Padi Dan 850 L Pupuk Cair Kepada 11 Poktan

15 Mei 2024 - 16:00 WIB

Pj Bupati Langkat Tekankan Kolaborasi Antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha Guna Mempercepat Pencapaian Target Pembangunan

15 Mei 2024 - 13:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Jalin KerjasamaΒ  dengan Kabupaten Karo danΒ  Dairi.

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Bupati Simalungun Menghadiri Acara Lepas Sambut Danrem 022/PT.

9 Mei 2024 - 13:15 WIB

Trending di Daerah