Menu

Mode Gelap
 

Daerah ยท 20 Jul 2023 14:46 WIB

Bupati Simalungun Lakukan Panen Raya Komoditi Cabai Merah di Kecamatan Purba.


 Bupati Simalungun Lakukan Panen Raya Komoditi Cabai Merah di Kecamatan Purba. Perbesar

anews-chanel.com

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Amggota DPRD Sumut Mangapul Purba, Waki Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang dan dari Dinas Pertanian Sumut melakukan panen raya komoditi cabai merah, di Nagori Hutaraja, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (20/7/2023).

Dalam sambutannya Bupati Simalungun mengucapkan selamat kepada kelompok tani (poktan) Lumpatan Nagori Hutaraja yang telah berhasil dan menjadi percontohan, melalui panen raya komoditi Cabai merah di Kabupaten Simalungun.

Baca Juga :ย Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Simalungun Gelar Musyda Ke VIII. Bupati Simalungun Berinfaq Untuk Pembangunan Masjid Muhammadiyah.

“Kami masyarakat Kabupaten Simalungun mengucapkan terimakasih kepada L Turnip (Kabid Hulikultura Provinsi Sumatera Utara) dan Mangapul Purba dari DPRD Sumatera Utara yang telah memperjuangkan bantuan ke Kabupaten Simalungun,”ucap Bupati.

Bupati Simalungun juga mengapresiasi pelaksanaan panen raya komoditi cabai merah tersebut. “Ini merupakan salah satu lompatan untuk menjaga inflasi di Kabupaten Simalungun,”ungkap Bupati.

Bupati berharap kepada para Poktan di Kabupaten Simalungun, dengan melihat pelaksanaan panen raya ini kiranya semakin termotivasi. “Dan ini akan menjadi percontohan bagi para petani kita yang ada di Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Disamping itu, Bupati berharap kepada Dinas Pertanian Simalungun, agar mengumpulkan kelompok tani untuk melihat ini sekaligus belajar dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya cabai merah. “Dan saya minta agar menganggarkan bantuan kepada para kelompok tani yang ingin maju,”kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Simalungun meminta kepada para petani Huta Raja agar menjaga kepercayaan provinsi yang telah menggelontorkan anggaran kepada para petani. “Katanya, bagaimana caranya? Mari bersama-sama, bantuan itu kita manfaatkan dengan baik,”sebut Bupati.

“Jadi saya berharap panen raya ini akan membawa perubahan bagi para petani kita di kabupaten Simalungun,”pungkas Bupati mengakhiri.

Sebelumnya, Ketua Poktan Lumpatan Nagori Huta Raja, Jhon Sinaga, melaporkan, luas tanaman Cabei ini 15 hektare, dengan masa tanam umur 6 bulan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun yang telah memberikan perhatian sehingga kami para petani dapat menikmati hasil panen ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan bimbingan kepada kami,”ujar Jhoh.

Dalam kesempatan itu, Libet Sinaga selaku Tokoh Masyarakat, yang juga sebagai pengasuh/penasehat Poktan Lumpatan mengucapkan selamat kepada kelompok tani lumpatan yang telah berhasil dan melaksanakan Panen Raya Cabai Merah.

“Kami juga selalu menerima bagi masyarakat yang hendak belajar. Dan mari kita bersama-sama belajar dalam penanaman maupun pemeliharaan Cabai Merah ini. Dan saya juga bangga atas kehadiran dari bapak Bupati dan juga ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari Bupati Simalungun kepada Para Petani,”ucap Libet.

Kadis Pertanian Prov. Sumut diwakili Kabid Ketahanan Pangan dan Holikultura L Turnip mengatakan, Kabupaten Simalungun merupakan penghasil Holtikultura terbesar dan juga masuk penerima bantuan holikultura terbesar.

Kabupaten Simalungun, L Turnip mengatakan, salah satu daerah penghasil/penyumbang bibit jahe, kunyit dan bawang merah. “Simalungun masuk yang terbesar penyumbang bibit pertanian terbesar,”katanya.

Baca Juga :ย Bupati Simalungun: “Stop Memberi Makan Kera di Jalan Kawasan Parapat Danau Toba”

“Harapan kami, cabai merah ini akan di tingkatkan. Kami akan mengajukan bantuan untuk para petani cabai di Kabupaten Simalungun,” ujarnya sembari mengucapkan selamat kepada kelompok tani Nagori

Tampak hadir saat Panen Raya itu antara lain, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Mangapul Purba, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Samrin Girsang, Camat Purba dan Forkopimca serta para Petani dan undangan lainnya. (A01)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Pelantikan Pengurus DPD PPNI Kabupaten Simalungun Periode 2023-2028.

25 Mei 2024 - 18:59 WIB

Hadiri Perayaan Akbar Pentakosta, Bupati Simalungun Ajak Jemaat GPdI Bergandengan Tangan Membangun Simalungun.

23 Mei 2024 - 15:48 WIB

51 Orang Pengungsi Rohingya Terdampar di Tanjung Pura-Langkat

22 Mei 2024 - 18:35 WIB

Saat Rapat Koordinasi Pangulu Bosar Nauli Terkesan Tendensius (Terlalu Berpihak Ke TPL)

22 Mei 2024 - 15:02 WIB

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Lepas 113 Jemaah Calon Haji Kloter 7 Kabupaten Langkat Ba’da Shubuh

21 Mei 2024 - 11:01 WIB

Pemkab Simalungun Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke 116 Tahun

20 Mei 2024 - 14:17 WIB

Trending di Daerah